Soal Narasi Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Ini Respons Kemenkes

Soal Narasi Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Ini Respons Kemenkes
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyebutkan sejumlah tahapan agar pandemi Covid-19 bisa berakhir. Hal itu merespon narasi pernyataan Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus bahwa akhir pandemi sudah di depan mata. 

"Mempertegas ya, pandemi belum berakhir walaupun kita sudah bisa melihat akhir dari pandemi. Tapi kita (Indonesia) berada di posisi yang baik dengan laporan kasus yang terus menurun. Ini yang dimaksud Dirjen WHO," ujar Syahril melalui keterangannya, dikutip Sabtu (24/9/2022).

Kendati demikian, pernyataan WHO tersebut bukan pengumuman akhir dari pandemi, tetapi hanya mengingatkan bahwa akhir pandemi harus diraih. 

Syahril menjabarkan, poin pertama yang tetap perlu dilakukan adalah meningkatkan vaksinasi. WHO mengimbau setiap negara untuk menyelesaikan vaksinasi terhadap lansia dan tenaga kesehatan.

Selain itu, testing dan sequencing juga harus digiatkan agar dapat mendeteksi varian baru. 

WHO juga mengingatkan bahwa sistem kesehatan  harus dipersiapkan agar dapat melakukan pencegahan, pengendalian, dan menghadapi lonjakan kasus. 

Terakhir, lanjut Syahril, WHO menyarankan agar penyampaian informasi yang berkaitan dengan Covid-19 harus jelas. Yakni setiap orang masih bisa tertular dan masih ada kemungkinan muncul varian baru. 

"Nah ini rekapan dari WHO, dapat melihat pandemi akan berakhir bukan berarti telah berakhir. Di banyak negara pembatasan sosial sudah dicabut tapi sesungguhnya gap vaksinasi masih besar,"  jelasnya.***