Surya Paloh Tanggapi soal Jokowi Absen Hadiri Puncak HUT Nasdem

Surya Paloh Tanggapi soal Jokowi Absen Hadiri Puncak HUT Nasdem
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat  (NasDem) Surya Paloh menanggapi soal absennya Presiden Jokowi di perayaan puncak HUT ke-11 NasDem pada Jumat (11/11). 

Paloh mengutarakan acara tersebut merupakan agenda NasDem lingkup internal.

"Acara internal," ujar Paloh singkat, di JCC Senayan saat menghadiri rangakaian HUT ke-11 NasDem, Kamis (10/11/2022).

Paloh juga memberikan jawaban serupa saat ditanya apakah NasDem mengundang perwakilan partai di koalisi pemerintah dan partai-partai lain. "Internal," tukasnya.

NasDem pun tidak mengundang partai yang tergabung dalam 'Koalisi Perubahan', yaitu Partai Demokrat dan PKS. Tak hanya itu, ketum partai lain pun tidak diundang dalam acara ini.

Diketahui Jokowi dipastikan tidak akan menghadiri secara fisik perayaan puncak HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 11 November 2022.

Kepastian tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali. Ia mengemukakan, Jokowi tidak menghadiri puncak acara ulang tahun partai yang kini telah menetapkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden tersebut.

"HUT ini, Pak Jokowi akan memberikan sambutan lewat video, nanti ada pengarahan Pak Jokowi yang dia akan diputarkan," ungkap Ali kepada wartawan, Rabu (9/11).

Ketidakhadiran Presiden Jokowi tersebut berbeda dengan perayaan HUT dua partai lain yang dirayakan baru-baru ini. Semisal pada Jumat (21/10) lalu, Jokowi tampak menghadiri puncak acara HUT ke-58 Partai Golkar. 

Dalam sambutannya, Jokowi secara tegas mengemukakan jangan sembrono dalam memilih capres untuk Pilpres 2024.

Pun pengulangan pesan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pidato dalam puncak HUT Partai Perindo ke-8. 

Saat itu, Jokowi mengemukakan, untuk menakhodai 270 juta lebih rakyat Indonesia, partai politik diminta tidak sembrono untuk mendeklarasikan capresnya.  ***