Tak Hanya di Spotify, Jimin BTS Jadi Solois K-Pop Pertama yang Puncaki Billboard Hot 100

Tak Hanya di Spotify, Jimin BTS Jadi Solois K-Pop Pertama yang Puncaki Billboard Hot 100

WJtoday, Jakarta - Jimin dari grup K-Pop BTS mencetak sejarah melalui single solo "Like Crazy" yang menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100, menjadikannya solois Korea Selatan pertama yang mencapai posisi tersebut.

Penjualan lagu "Like Crazy" Jimin mencapai 254.000 unduhan lagu dan gabungan CD single, serta menarik 10 juta streaming dan 64.000 tayangan di siaran radio pada pekan pertama peluncurannya, menurut Billboard yang disiarkan kantor berita Yonhap, Selasa.

Tangga lagu Billboard Hot 100 memuat peringkat lagu paling populer mingguan di Amerika Serikat yang diukur berdasarkan streaming, pemutaran radio, dan data penjualan.

Solois K-Pop yang pernah meraih posisi tertinggi adalah Psy dengan lagu "Gangnam Style", yang bertahan di peringkat kedua selama tujuh minggu berturut-turut pada 2012.

Grup BTS juga merupakan satu-satunya artis K-pop yang menduduki puncak tangga lagu Billboard. Ada enam lagu BTS yang menduduki tangga lagu teratas mulai dari "Dynamite" (2020) hingga "My Universe" (2021) yang merupakan kolaborasi dengan Coldplay.

Lagu "Like Crazy" dari Jimin dirilis pada 24 Maret lalu yang merupakan bagian dari album solo debutnya bertajuk "Face". Album itu juga mendapat pencapaian di posisi kedua tangga album Billboard 200.

Lagu bergenre synth-pop itu, menurut Jimin, terinspirasi dari film dengan judul yang sama. Lewat lagu itu, dia menampilkan emosi saat berusaha untuk melupakan kenangan menyakitkan.

Pada Sabtu (1/4), "Like Crazy" juga memulai debutnya di peringkat kedelapan British Official Singles Chart. Tangga lagu itu dianggap sebagai salah satu dari dua tangga lagu terbesar di dunia, bersama dengan Billboard dari AS.

Jimin BTS Jadi Penyanyi Solo Korea Pertama Puncaki Spotify’s Global Top 50

<a href='https://www.westjavatoday.com/tag/bts'>BTS</a>' <a href='https://www.westjavatoday.com/tag/jimin'>Jimin</a> Shares 'Like Crazy' Music Video Alongside Solo Album 'Face' –  Rolling Stone

Album solo debut Jimin BTS terus berhasil membuat sejarah di seluruh dunia. Pada 26 Maret, judul lagu solo baru Jimin "Like Crazy" mencapai puncak baru di chart Lagu Teratas Global harian Spotify di no 1 dengan 6.013.972 pemutaran.

Personel boyband BTS asal Korea Selatan tersebut telah resmi meluncurkan album solonya bertajuk FACE yang rilis pada 24 Maret 2023. Kini, lagu “Like Crazy” miliknya berhasil memuncaki tangga lagu Spotify’s Global Top 50.

Dia menjadi penyanyi solo pertama Korea Selatan yang berada di posisi pertama platform musik online tersebut. 

Tak hanya itu, video klip "Like Crazy" yang telah diunggah di YouTube menjadi trending dan telah disaksikan lebih dari 22 juta kali.

Melansir Yonhap News Agency, Jimin menjadi penyanyi solo K-pop pertama yang menjual album lebih dari 1 juta kopi pada hari pertama perilisan berdasarkan Hanteo Chart. Hanteo Chart adalah situs pelacak penjualan album K-pop.

Album “FACE” tercatat telah terjual 1.021.532 kopi pada hari pertama peluncuran. Album tersebut juga menduduki puncak teratas iTunes di 63 wilayah di seluruh dunia. 

Sementara itu, single “Like Crazy” juga menjadi nomor satu di tangga lagu teratas iTunes di 111 wilayah pada Sabtu lalu, atau sehari setelah rilis.***