Tak Hanya Pelecehan Seksual, LPSK Klaim Ada Motif Lain di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Tak Hanya Pelecehan Seksual, LPSK Klaim Ada Motif Lain di Kasus Pembunuhan Brigadir J
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengklaim bahwa pihaknya sudah mengantongi motif sebenarnya Ferdy Sambo untuk menghabisi nyawa Brigadir Yoshua atau Brigadir J.

Ketua LPSK, Hasto Atmojo mengatakan motif tersebut diceritakan langsung oleh salah satu tersangka pembunuhan, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

“Iya ada dari keterangan Bharada E,” ungkap Hasto, melalui keterangannya, dikutip Senin (5/9/2022).

Saat dipertegas apakah motif tersebut bukan hanya sekadar pelecehan seksual, Hasto buru buru berkilah untuk memberikan jawaban.

“Tapi ya itu sebaiknya tidak kami buka,” kilahnya.

Meskipun begitu, Hasto menegaskan bahwa informasi yang disampaikan Bharada terkait rencana maupun motif pembunuhan tersebut pada saat asesmen dilakukan. Namun, pihaknya enggan membongkar informasi tersebut termasuk motif lantaran bukan kewenangan LPSK.

“Iya (Bharada E sudah menyampaikan motif pembunuhan ke LPSK), tapi itu bukan kewenangan kami,” tegasnya.

Hasto beralasan, saat ini pihaknya lebih fokus untuk memastikan Bharada E tetap konsisten dan jujur dalam menyampaikan keterangan selaku justice collaborator (JC). Pasalnya, keterangan Bharada E menjadi kunci skenario awal pembunuhan.

“Iya kan keterangan sangat kunci karena kesaksian dia itu lah semua skenario berantakan. Ini yang harus kita selamatkan keterangan-keterangan Bharada E ini diharapkan sampai akhir persidangan konsisten nggak? Jujur tetap,” pungkasnya.***