Terima Sanksi dan Rela Absen di UEFA Conference League Tahun Ini, 'Pengorbanan' Juventus Demi Liga Champions 2024/25

Terima Sanksi dan Rela Absen di UEFA Conference League Tahun Ini, 'Pengorbanan' Juventus Demi Liga Champions 2024/25
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Juventus rela absen di UEFA Conference League 2023-2024. Mereka bersepakat dengan UEFA untuk menerima sanksi terkait kasus pelanggaran Financial Fair Play.

Media Italia, Corriere dello Sport, melaporkan bahwa Juventus bakal bersedia dikenai larangan berkompetisi di ajang antarklub Eropa pada musim 2023-2024.

Seharusnya, Juventus berhak merumput di pentas Conference League 2023-2024, usai pasukan asuhan Massimiliano Allegri menyudahi Liga Italia musim lalu di peringkat tujuh.

Sebelumnya Juventus menerima pengurangan 10 poin Liga Italia musim lalu. Mereka pun terpaksa finis di peringkat ketujuh dengan 62 poin. 

Pada posisi tersebut, Si Nyonya Tua sejatinya punya kesempatan untuk mentas di Conference League. Namun langkah itu tidak diambil untuk merampungkan sanksi yang mereka terima.

Upaya ini merupakan salah satu bentuk pengorbanan Juventus. Pasalnya, mereka berharap sanksi yang diterima tidak berkepanjangan dan bisa kembali menargetkan tampil di Liga Champions di musim berikutnya.

Sebagaimana diketahui, Juventus telah terjerat kasus capital gain. Si Nyonya Tua dinyatakan bersalah karena menaikkan biaya transfer tidak secara alami guna menaikan modal.

Langkah tersebut lantas membuat mereka memiliki aset yang lebih besar dari aslinya. Hal ini yang kemudian menjadi persoalan mereka dan harus didera hukuman.

Terlepas dari itu, Juventus yang menempati posisi ketujuh Liga Italia musim lalu tidak akan tampil di Conference League 2023-2024. Hal ini membuka kesempatan bagi peringkat kedelapan, Fiorentina, untuk menggantikan peran Si Nyonya Tua.

Absennya Juventus di Conference League 2023-2024 menjadi ganjaran hukuman. Juventus terpaksa mengorbankan musim dekat ini demi target yang lebih besar di masa selanjutnya.***