Tingkatkan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Pemkab Bogor Kolaborasi dengan BJB

Tingkatkan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Pemkab Bogor Kolaborasi dengan BJB
Lihat Foto

WJtoday, Kab Bogor - Plt. Bupati Iwan Setiawan lakukan Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama terkait Kerjasama Penggunaan Produk dan layanan Jasa Perbankan, antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jabar dan Banten (BJB), Jumat (2/12/2022). 

Untuk diketahui Kabupaten Bogor bukan sekedar mitra, tapi juga sering dilibatkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan.

Kabupaten Bogor menjadi salah satu dari 27 kota/kabupaten dan beberapa kabupaten/kota di Provinsi Banten, bahkan Kabupaten Bogor ini adalah salah satu kabupaten yang masuk tiga pemegang saham terbesar. 

Iwan Setiawan menjelaskan, ruang lingkup kesepakatan bersama itu meliputi funding dan lending. Transaksi yaitu sarana layanan perbankan yang membantu dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

Sarana layanan tersebut meliputi pemasangan ATM, pemasangan electronic data capture, payroll service, pembayaran tunjangan kinerja pegawai, dan pengelolaan keuangan pemerintah desa.

Menurutnya, pernah dilakukan percobaan untuk pengelolaan keuangan pemerintah desa itu, kita tandai dengan bagaimana sistem pembayaran dan penerimaan yang terintegrasi jasa perbankan lainnya sesuai yang disepakati para pihak. 

"Insya Allah melalui MoU ini bisa berlajalan dengan baik, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor terus meningkat. Mudah-mudahan kita bisa memelihara potensi-potensi pendapatan yang ada di Kabupaten Bogor. Semoga pertemuan ini segera ditindaklanjuti dan 2023 kita bisa berjalan dengan lancar," ujar Iwan.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor atas terselenggaranya MoU hari ini. Dalam MoU kali ini tidak hanya pengelolaan kas daerah, tapi juga pengelolaan ASN-nya. 

Mulai dari payroll, kredit, lalu juga layanan lainnya. Termasuk untuk vendor suplayer atau pun kontraktor-kontraktor yang selama ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. 

"Kami harap ini bisa dikembangkan ke hal lainnya. Termasuk potensi untuk layanan ke desa, BUMDes dan lainnya, yang tentunya ujungnya adalah membantu meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Bogor. " ungkap Nancy.

"Tentunya dengan penandatanganan ini mudah-mudahan dapat memperkuat silaturahmi dan meningkatkan kembali sinergi yang sudah terbangun menjadi lebih baik lagi," tandasnya.  ***