Tundukkan Espanyol 2-3 Real Sociedad Kokohkan Posisi Ketiga di Klasemen Sementara Liga Spanyol 2022/2023

Tundukkan Espanyol 2-3 Real Sociedad Kokohkan Posisi Ketiga di Klasemen Sementara Liga Spanyol 2022/2023
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Real Sociedad mengokohkan tempat mereka di posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol setelah menundukkan tuan rumah Espanyol dengan skor 3-2, pada pertandingan jornada ke-21 Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion RCDE, Cornella de Llobregat, Selasa dini hari WIB.

Dengan hasil ini Sociedad tetap berada di posisi ketiga dengan 42 poin, hanya terpaut tiga poin dari tim peringkat kedua Real Madrid. Sedangkan kekalahan kedua beruntun bagi Espanyol memaksa mereka tertahan di posisi ke-17 dengan 21 poin, hanya unggul satu poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Tuan rumah mencoba menggebrak sejak awal. Sergi Darder mengirim umpan silang akurat untuk disambut sundulan Fernando Calero yang masih dapat ditepis kiper Sociedad Alex Remiro. Berikutnya ganti kiper Espanyol Alvaro Fernandez yang harus bekerja keras saat ia mesti menahan sepakan jarak jauh Mikel Oyarzabal.

Pemain sayap Sociedad asal Jepang Kubo kemudian meneror gawang tuan rumah melalui sepakannya yang melebar. Namun pada menit ke-23, Kubo mampu memecah kebuntuan. Diawali umpan silang Asier Illaramendi yang masih dapat disundul bek Espanyol, bola kemudian jatuh ke penguasaan Kubo, yang setelah sedikit mengontrolnya kemudian melepaskan sepakan kaki kiri untuk memasukkan bola ke gawang tuan rumah.

Unggul satu gol membuat Sociedad semakin agresif. Peluang berikutnya didapat Sociedad dari sundulan Brais Mendez yang masih dapat dihalau sundulan Leandro Cabrera sebelum masuk ke gawang.

Menjelang turun minum kedua tim mendapat peluang bagus. Vinicius de Souza Costa melepaskan tembakan jarak jauh yang masih dapat ditepis kiper Remiro ke atas mistar gawang, sedangkan sepakan Alexander Sorloth setelah timnya memainkan kerja sama apik masih menyamping dari target.

Sociedad menggandakan keunggulan pada menit ke-52. Mikel Oryazabal mengirimkan umpan tarik dari sisi kiri, kemudian Alexander Sorloth yang tidak terkawal dengan mudah menyambar bola untuk masuk ke gawang tuan rumah.

Espanyol semakin hancur setelah pada menit ke-63 mereka kemasukan untuk ketiga kalinya. Umpan Kubo yang ditujukan kepada Sorloth, justru disundul Cabrera masuk ke gawangnya sendiri.

Tertinggal tiga gol ternyata tidak membuat Espanyol putus asa. Mereka sempat mengancam melalui sepakan Javier Puado dari luar kotak penalti yang melebar.

Tanpa diduga, Espanyol justru mampu memperkecil ketertinggalan. Diawali tendangan bebas Denis Suarez, bola dapat ditepis kiper Sociedad Remiro, namun Darder bereaksi cepat untuk menyambar bola pantul dan melesakkannya ke gawang tim tamu.

Harapan Espanyol untuk dapat membawa pulang satu poin semakin besar, ketika pada menit ke-87 mereka mampu mengemas gol keduanya. Brian Olivan melakukan kerja sama satu-dua dengan Jose Carlos Lazo, untuk kemudian diakhiri dengan sepakan Olivan masuk ke gawang Sociedad.

Sayangnya harapan penggemar tuan rumah gagal terwujud. Espanyol justru harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain setelah pada menit ke-94 Cabrera mendapatkan kartu kuning kedua, dan harus mandi sedikit lebih cepat.

Daftar susunan pemain:

Espanyol: Alvaro Fernandez, Oscar Gil (Ruben Sanchez Saez 46'), Leandro Cabrera, Fernando Calero (Sergi Gomez 44'), Brian Olivan, Sergi Darder, Vinicius de Souza Costa (Jose Gragera 90'), Nicolas Melamed Ribaudo (Denis Suarez 46'), Aleix Vidal (Jose Carlos Lazo 69'), Martin Braithwaite, Javi Puardo

Real Sociedad: Alex Remiro, Ander Barrenetxea (Alex Sola 81'), Igor Zubeldia, Robin Le Normand, Diego Rico Salguero, Take, Asier Illarramendi (Carlos Fernandez 81'), Martin Zubimenci, Brais Mendez (Mikel Merino 71'), Alexander Sorloth (Carlos Fernandez 81'), Mikel Oyarzabal (Robert Navarro 71')
Pewarta: A Rauf Andar Adipati.***