Warga Bogor Diimbau Tetap Kenakan Masker dalam Kerumunan saat Ramadan dan Idulfitri

Warga Bogor Diimbau Tetap Kenakan Masker dalam Kerumunan saat Ramadan dan Idulfitri

WJtoday, Bogor - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengimbau warga di wilayahnya tetap menggunakan masker selama Ramadan dan Idulfitri 1444 Hijriah/ 2023 Masehi ketika berada dalam kerumunan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena mengatakan mengacu Inmendagri 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada masa transisi menuju endemi, pemerintah mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan masker dengan benar.

"Terutama empat kondisi yang riskan menyebabkan penyebaran Covid-19 kembali, di antaranya kerumunan," ujar Erna saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Senin (27/3/2023).

Erna menyebutkan, anjuran menggunakan masker utamanya dalam empat kondisi, yakni ada keadaan kerumunan dan keramaian aktivitas masyarakat, di dalam gedung/ruangan tertutup dan sempit, masyarakat yang bergejala penyakit pernapasan dan masyarakat yang kontak erat dan terkonfirmasi.

"Jadi sebagai bentuk kewaspadaan agar kesehatan selalu terjaga, masyarakat diimbau tetap memakai masker," jelasnya.

Hingga Senin, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kesatu mencapai 94,04 persen atau 865.779 orang, dosis kedua 84,15 persen atau 774.695 orang. 

Kemudian, capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau penguat pertama 51.54 persen atau sebanyak 368.558 orang dan dosis keempat atau penguat kedua 4.39 persen atau sebanyak 31.425 orang.

Data tersebut cukup rendah untuk memenuhi kekebalan tubuh masyarakat hingga level yang keempat mencegah tertular Covid-19.

Kondisi tersebut didorong oleh minat masyarakat yang lebih rendah terhadap vaksinasi penguat dibandingkan dengan dosis pertama dan kedua, serta stok vaksin seringkali kosong.  ***