WhatsApp Memperkenalkan Panggilan Suara dan Video Lewat Desktop PC

WhatsApp Memperkenalkan Panggilan Suara dan Video Lewat Desktop PC
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp
Westjavatoday - WhatsApp resmi merilis fitur panggilan telepon suara (voice call) dan video call melalui komputer (laptop/desktop), bagi pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi WhatsApp desktop (Windows dan Mac).

Dilansir dari laporan TechCrunch, Jumat (5/3/2021), layanan perpesanan milik Facebook mengatakan bahwa mereka memberikan bantuan kepada banyak orang yang duduk di depan komputer yang harus meraih telepon mereka setiap kali WhatsApp mereka berdering.

“Sepanjang tahun lalu, kami melihat peningkatan yang signifikan pada orang yang menelepon satu sama lain di WhatsApp, seringkali untuk percakapan yang panjang. Malam Tahun Baru lalu, kami memecahkan rekor panggilan terbanyak yang pernah dilakukan dalam satu hari dengan 1,4 miliar panggilan suara dan video," kata perusahaan itu.

Fitur baru sekarang memungkinkan Anda untuk menjawab di layar yang jauh lebih besar melalui aplikasi desktop yang memberi Anda kesempatan untuk melihat keluarga dan orang yang Anda cintai dengan jelas di kanvas yang lebih besar.

Whatsapp juga mengatakan, untuk membuat fitur panggilan desktop lebih berguna, mereka telah memastikannya berfungsi tanpa kendala dalam orientasi potret dan lanskap. Sangat berguna bagi Anda yang memiliki tablet.

Fitur ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran jendela di layar komputer Anda dan diatur untuk tetap di atas sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan obrolan video Anda di tab browser atau tumpukan jendela yang terbuka.

Di situs mereka, WhatsApp mengambil kesempatan untuk mengingatkan pengguna bahwa panggilan suara dan video di WhatsApp dienkripsi secara end-to-end, sehingga WhatsApp tidak pernah dapat mendengar atau melihat percakapan tersebut, terlepas dari apakah Anda menelepon dari telepon atau komputer.

“Kami memulai dengan panggilan satu-ke-satu di aplikasi desktop WhatsApp, jadi kami memastikan bahwa kami dapat memberi Anda pengalaman yang andal dan berkualitas tinggi. Kami akan memperluas fitur ini untuk menyertakan panggilan suara dan video grup di masa mendatang,” tambah mereka.

Panggilan suara dan video individual ini berikan whatsApp secara gratis dan bisa dilakukan jika laptop atau komputer desktop sudah terpasang aplikasi WhatsApp.

Panggilan desktop didukung di:

Windows 10 64-bit versi 1903 dan yang lebih baru

macOS 10.13 dan yang lebih baru

Untuk melakukan atau menerima panggilan pada WhatsApp Desktop, Anda perlu:

1. Perangkat keluaran audio dan mikrofon untuk panggilan suara dan video.

2. Kamera untuk panggilan videoK

3. Koneksi Internet aktif pada komputer dan telepon Anda. Panggilan tidak akan dilakukan melalui telepon Anda, tetapi telepon Anda harus online agar panggilan dapat dilakukan.

4. Memberikan izin kepada WhatsApp untuk mengakses mikrofon dan kamera komputer Anda. WhatsApp membutuhkan akses ke mikrofon komputer Anda untuk panggilan dan kamera untuk panggilan video.