Alice Norin Umumkan Idap Kanker Sarkoma Rahim, Ini Bedanya dengan Kanker Rahim

Alice Norin Umumkan Idap Kanker Sarkoma Rahim, Ini Bedanya dengan Kanker Rahim
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Alice Norin tiba-tiba membagikan kabar mengejutkan terkait kondisi kesehatannya. Artis sinetron papan atas ini mengaku mengidap kanker sarkoma pada otot rahimnya.

"Aku divonis kanker sarkoma yaitu kanker langka yang berkembang di otot rahim," ujar Alice.

Alice menceritakan awalnya ia merasakan nyeri ringan pada bagian perut. Namun, karena kondisi nyerinya semakin parah, pada Desember ia memutuskan untuk memeriksakan dokter. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan di beberapa dokter, ia akhirnya didiagnosis mengidap kanker sarkoma pada otot rahimnya.

Terkait kanker sarkoma rahim yang dialami oleh Alice Norin, apakah penyakit tersebut berbeda dengan kanker rahim? Dokter spesialis kandungan dr Veinardi Madjid, SpOG, SubspOnk menjelaskan memang ada perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan antara kanker sarkoma rahim dan kanker rahim terdapat pada lokasinya. Kanker rahim berada pada lapisan endometrium rahim, sedangkan kanker sarkoma rahim ada pada jaringan ikat rahim.

Walau memiliki perbedaan, kanker sarkoma rahim tetap merupakan salah satu bentuk kecil dari kanker rahim.

"Kalau kanker rahim itu ada di lapisan yang dapat menebal di rahim menjelang masa haid itu namanya endometrium. Kanker rahim atau kanker endometrium itu, lapisan endometrium menebal dengan sendirinya tidak mengikuti siklus dari hormon yang ada," ucap dr Veinardi, Jumat (16/2/2024).

Ia menuturkan bahwa tidak ada perbedaan keluhan yang dapat dialami pasien terkait kanker rahim dan kanker sarkoma rahim. Untuk mengetahui secara pasti penyakit yang dialami oleh pasien, pemeriksaan biopsi perlu dilakukan.

"Dari hasil biopsi nanti kelihatan dari bentuk selnya itu berbeda, tipe sel yang berbeda. Ini terlihat sel-sel yang asalnya lapisan endometrium. Kalau misalnya sama lokasinya, tapi ternyata di jaringan ikatnya (rahim) yang bermasalah, nah itu harus dilakukan pemeriksaan," tandasnya.***