BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir

BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir

WJtoday, Kab Bekasi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi telah menyiapkan posko-posko bencana di daerah rawan bencana banjir di wilayahnya. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan monitoring terhadap lokasi-lokasi yang sering terdampak bencana banjir. 

"Ya, kita terus monitoring dengan melibatkan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Destana, Katana dan relawan lainnya," kata Muchlis dalam rilis, Sabtu (3/12/2022).

Terkait dengan mulai datangnya musim hujan, Muchlis mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di bantaran sungai untuk aktif memantau kondisi ketinggian air. 

"Apabila ada informasi air mulai naik atau banjir, masyarakat agar melakukan evakuasi mandiri dulu. Apabila kondisi banjirnya masif, tim BPBD akan turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi," terangnya. 

Muchlis mengatakan, BPBD Kabupaten Bekasi tetap siaga meskipun sebagian personelnya saat ini ikut membantu penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. 

"Sebagian personel, peralatan dan logistik saat ini kita arahkan untuk membantu korban gempa Cianjur, tapi kita tetap siaga karena intensitas hujan di Kabupaten Bekasi makin tinggi," ujar Muchlis.

Terkait digelarnya latihan gabungan penanggulangan bencana dari Kodim 0509 bersama Polri dan perangkat daerah, yang digelar di Situ Rawa Binong, Muchlis mengatakan, BPBD sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. 

BPBD Kabupaten Bekasi ke depan akan berupaya untuk menggelar latihan gabungan bersama TNI Polri dan elemen lainnya, dalam meningkatkan sinergitas antisipasi terjadinya bencana alam.  ***