Depok Targetkan 5.000 Pengusaha Baru Tercapai di Tahun ini

Depok Targetkan 5.000 Pengusaha Baru Tercapai di Tahun ini

WJtoday, Depok - Kepala Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah (DKUM) Dede Hidayat mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk turut mensosialisasikan program Wirausaha Baru (WUB) kepada masyarakat.

Pasalnya, program ini memiliki banyak manfaat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Saya mengimbau kepada seluruh ASN untuk menyampaikan informasi ini ke masyarakat, karena di awal Maret kita akan melaunching WUB angkatan tahun 2024," kata Dede dalam rilis, dikutip Sabtu (27/1/2024).

Dede menjelaskan, program WUB merupakan salah satu janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok yakni menciptakan 5.000 Pengusaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha. 

Lewat program ini, para pelaku usaha akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, akses perizinan sertifikasi halal bagi pemilik usaha kuliner hingga permodalan.

"Jadi dalam program WUB itu tak hanya dilatih saja, ada juga pendampingan dari rekan-rekan pendamping yang kami siapkan di kelurahan, kecamatan dan tingkat kota," ungkapnya.

"Kemudian, kita juga memberikan akses permodalan. Tahun ini insyaAllah akan ada kredit usaha untuk WUB," dia menambahkan.

Dia merinci, tahun 2023, dari kuota 2.100 pelaku usaha, terealisasi 2.114 pelaku usaha yang mengikuti program WUB. Jika ditotal dari tahun pertama jumlahnya sudah mencapai hampir 4.200 WUB yang sudah dilatih. 

Lanjut Dede, di tahun ini ada 1.800 pelaku usaha yang dilatih. Dengan rincian, 1.500 wirausaha baru dan 300 perempuan kepala keluarga (PEKKA).

"InsyaAllah target 100 persen dapat terwujud," tutupnya.  ***