Hadapi Industri 4.0, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kompetensi

Hadapi Industri 4.0, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kompetensi
Lihat Foto

WJtoday, Kab Bekasi - Kabupaten Bekasi selalu dipilih menjadi lokasi Forum Perangkat Daerah yang membahas mengenai industri dan perdagangan, karena memiliki kawasan industri terbesar di Jawa Barat. 

Bahkan Kabupaten Bekasi menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari sektor industri pengolahan.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, usai menghadiri pembukaan Forum Perangkat Daerah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

"Sehingga itu yang menjadi alasan, bagi Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai lokasi penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah tahun 2024," kata Dani dalam rilis, dikutip Jumat (23/2/2024).

Dani menyebutkan, industri di Kabupaten Bekasi saat ini berangsur beralih dari industri padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja ke industri modern 4.0 yang lebih menggunakan mesin robot yang sangat efisien menyerap tenaga kerja lokal.

Karena itu, Dani mengajak masyarakat untuk meningkatkan kompetensi sesuai yang dibutuhkan industri saat ini.

"Kita harus bisa menyesuaikan dengan industri saat ini. Kalau hanya mengandalkan padat karya, secara upah di sini sudah kalah bersaing dengan daerah lain yang baru tumbuh industri dengan upah yang lebih murah. Misalnya Subang, Purwakarta, Cirebon, Majalengka, sehingga yang padat karya pindah ke sana," tuturnya.

Dia menambahkan, peningkatan kompetensi di industri bisa dimulai dengan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan yang membuka keahlian komputer maupun digital.

"Ini juga harus ditangkap, oleh lembaga-lembaga pendidikan kita," pungkasnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah memprogramkan agar UMKM di Kabupaten Bekasi bisa menyerap tenaga kerja lokal.  ***