Hoaks Rekaman Suara Surya Paloh Marahi Anies Baswedan

Hoaks Rekaman Suara Surya Paloh Marahi Anies Baswedan
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Sebuah rekaman suara yang dinarasikan Anies Baswedan dimarahi oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh viral di TikTok.

Rekaman suara itu diunggah oleh akun TikTok bernama ANGURMERAH dengan narasi: "Detik-detik telponan bapak ketuwa Nasdem Surya Paloh berbicara dengan bapak Anis Waswedan calon presiden 2024"

Berikut dialog rekaman suara yang diduga antara Anies dan Surya Paloh:

"Saya sudah berusaha sekuat tenaga, pas di debat saya juga mati-matian untuk ngambil perhatian masyarakat".

"Ya tetap aja, tapi data mu itu ngawur bilang angin nggak punya KTP segala saya yang malu haduh Nies," dalam rekaman yang terdengar mirip suara Surya Paloh.

"Itu saya berusaha kalem aja buat ngeles".

"Kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih, saya juga merasa dibohongin nih sama Mimin, di awal dia janjiin banyak banget hal sampai maunya jadi ketua tapi malah zonk".

"Pak kesalahan itu sudah saya tutup tutupin kalau soal Cak Mimin saya juga sebenarnya capek pak".

"Coba minta mulutnya diam aja, percuma saya angkat wakil kalau enggak ada gunanya makin kelihatan kan kerenannya Gibran."

Dikonfirmasi terkait rekaman tersebut, Juru Bicara (Jubir) Timnas Anies - Muhaimin (AMIN), Ramli Rahim secara tegas menyebut rekaman Anies dimarahi Surya Paloh itu hoaks.

"Ini sangat jelas hoaks," kata Ramli saat dikonfirmasi, Senin (22/1/2024).

Dalam rekaman yang berdurasi hampir satu menit tersebut sangat jelas diksi-diksi, tekanan, nada dan intonasi yang digunakan bukanlah yang biasa digunakan oleh Surya Paloh dan Anies Baswedan.

Sementara itu, Jubir Timnas AMIN lainnya. Iwan Tarigan menilai rekaman suara tersebut tidak mirip dengan suara Anies mau pun Surya Paloh.

"Suara pak Anies dan Pak Surya Paloh enggak begitu," jelas Iwan.

Sedangkan, Jubir Timnas AMIN, Indra Charismiadji meyakini rekaman suara tersebut merupakan produksi artificial intelligence atau AI. Indra bahkan menyebut tidak ada sama sekali pembahasan mengenai Anies dimarahin oleh Surya Paloh.

"Wah saya baru dengar nih. Yup (diproduksi AI). Gaya Pak SP (Surya Paloh) dan Pak ABW (Anies Baswedan) enggak gitu. Nggak ada sama sekali (pembahasan)," ujar Indra.

Rekaman ini mengingatkan publik terhadap hoaks video pidato Presiden Jokowi berbahasa China yang sempat beredar di media sosial bulan Oktober 2023.

Video Jokowi ketika itu menggunakan teknologi deepfake, sebuah teknologi yang merupakan kelanjutan AI secara generatif.***