Jadwal Kejuaraan Beregu Asia 2024: Tim Putra Indonesia Lawan Uni Emirat Arab

Jadwal Kejuaraan Beregu Asia 2024: Tim Putra Indonesia Lawan Uni Emirat Arab
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia akan melanjutkan perjuangan pada fase grup pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Rabu (14/2/2024).

Namun, hanya tim putra saja yang akan melakoni laga kedua Grup D melawan Uni Emirat Arab, mulai pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, tim yang dipimpin Chico Aura Dwi Wardoyo itu menang 5-0 atas Arab Saudi.

Meski lebih diunggulkan atas Uni Emirat Arab yang tidak memiliki tradisi kuat bulu tangkis, Indonesia tidak bisa meremehkan begitu saja.

Pasalnya, Uni Emirat Arab diperkuat beberapa pemain Indonesia pada Kejuaraan Beregu Asia 2024.

Dari 13 pemain putra dan putri yang dipanggil, 4 pemain di antaranya berasal dari Tanah Air. Tiga pemain putra dan satu pemain putri. Itu hampir sepertiga jumlahnya!

Pemain asal Indonesia yang memperkuat UEA adalah Imam Adi Kusuma Atmaja, Somi Romdhani, Kuswanto, dan Nurani Ratu Azzahra yang menjadi satu-satunya pemain putri.

Perpindahan pemain dari satu negara ke negara lain memang relatif mudah di bulu tangkis dan tidak perlu melibatkan alih status kewarganegaraan.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengatur bahwa pemain terbebas dari yuridiksi salah satu anggota mereka (PBSI untuk Indonesia) jika tinggal di negara lain selama 12 bulan.

Sesudah itu, pemain berhak mendaftar turnamen individu melalui federasi dari negara tujuan mereka, dalam hal ini Asosiasi Tenis Meja dan Bulu Tangkis UEA.

Setelah tiga tahun menjadi pemain terdaftar dari sebuah federasi, pemain bisa tampil dalam turnamen beregu internasional bersama negara asal federasi yang dimaksud.

Periode tiga tahun ini juga berlaku sejak terakhir kali mereka memperkuat negara asal dalam turnamen antar-negara yang resmi, event sirkuit seperti BWF World Tour tidak termasuk.

Namun, hanya Nuraini yang pernah memperkuat tim Merah Putih dalam ajang yang dimaksud, tepatnya dalam Kejuaraan Asia Junior 2018.

Diaspora Indonesia dalam jagat bulu tangkis memang bukan pemandangan yang asing. Mereka pun tak hanya melancong untuk bermain melainkan juga untuk melatih.

Kemenangan tim Indonesiapada fase awal grup disempurnakan oleh Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana setelah mengandaskan Yazan Saigh/Mahd Shaikh, 21-7, 21-7

"Alhamdulillah tim Indonesia diberi kemenangan 5-0 atas Arab Saudi. Di lapangan tadi bisa kami gunakan untuk beradaptasi. Harapannya ke depan semoga penampilannya lebih baik lagi," kata Fikri dalam siaran resmi PBSI.

"Hari ini kami juga bisa bermain baik, sementara lawan juga cukup bermain bagus. Hanya kami berusaha fokus dan enjoy saja."

"Cuma untuk menghadapi pertandingan besok, semoga bisa tampil lebih fokus dan tambah semangat. Semoga pula kami bisa tampil lebih baik lagi dan bisa sumbang poin lagi."

"Untuk menghadapi pertandingan selanjutnya, kami tidak boleh lengah. Siapa pun lawannya harus tetap fokus dan selalu jaga kondisi."

Bagas mengatakan bahwa lawan yang ditemui bagus.

"Tadi ada beberapa reli yang juga ramai. Hanya dalam pertandingan tadi kami gunakan untuk beberapa tes, seperti adaptasi dengan hembusan angin. Untuk menghadapi pertandingan besok, yang perlu dijaga adalah fokus dan fighting spiritnya," tutur Bagas.

Berikut jadwal pertandingan Kejuaraan Beregu Asia 2024, Rabu (14/2/2024).

Lapangan 1

08.00 WIB: Grup W - China vs India (Putri)

12.00 WIB: Grup C - Jepang vs Singapura (Putra)

16.00 WIB: Grup B - Malaysia vs Kazakhstan(Putra)

Lapangan 2

08.00 WIB: Grup D - Taiwan vs Singapura (Putri)

12.00 WIB: Grup A - India vs Hong Kong (Putra)

16.00 WIB: Grup B - Taiwan vs Brunei Darussalam (Putra)

Lapangan 3

08.00 WIB: Grup Y - Malaysia vs Uni Emirat Arab (Putri)

12.00 WIB: Grup C - Thailand vs Myanmar (Putra)

16.00 WIB: Grup D - Indonesia vs Uni Emirat Arab (Putra)

Lapangan 4

16.00 WIB: Grup X - Hong Kong vs Kazakhstan (Putri).***