Jalur Puncak-Cianjur Ditutup saat Malam Pergantian Tahun

Jalur Puncak-Cianjur Ditutup saat Malam Pergantian Tahun

WJtoday, Cianjur - Polres Cianjur menutup jalur menuju Puncak-Cianjur pada malam pergantian tahun mulai Sabtu pukul 18.00 WIB hingga Minggu (1/1/2023) pukul 06.00 WIB mulai dari Bundaran Lampu Gentur.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan penutupan tersebut untuk mengantisipasi kondisi macet total menjelang malam pergantian tahun di jalur utama Puncak-Cianjur.

Polisi menyiagakan 15 posko pengamanan mulai dari kawasan Puncak hingga Jalan Raya Bandung.

"Sekitar 400 petugas gabungan TNI/Polri, Satpol PP, BPBD, dan Dishub Cianjur ditempatkan untuk mengatur arus lalu lintas saat malam pergantian tahun agar tidak sampai terjadi macet total di jalur utama," ungkap Doni, Sabtu (31/12/2022).

Adapun untuk mengantisipasi macet parah di sepanjang jalur yang akan dilalui warga untuk merayakan malam pergantian tahun, terutama di kawasan Puncak-Cipanas, polisi menerapkan rekayasa arus termasuk penutupan jalur menjelang Sabtu sore.

Doni mengungkapkan, selain penutupan jalur, penerapan ganjil genap juga dilakukan untuk mencegah tingginya volume kendaraan menuju pusat keramaian pada malam pergantian tahun di Puncak-Cipanas.

"Untuk kendaraan yang nomor polisinya tidak sesuai, akan diarahkan putar balik ke jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi. Bagi warga yang hendak melintas, kami minta untuk mematuhi aturan dan masukan dari petugas," jelasnya.

Dia pun mengimbau bagi warga yang hendak merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas untuk berangkat sejak siang hari agar tidak terjebak macet dan tetap berhati-hati saat melintas terutama di jalur rawan bencana alam seperti Puncak dan Cugenang.  ***