Jangan Buru-buru Dibuang! Ternyata Cangkang Telur Dapat Dimanfaatkan untuk Ini

Jangan Buru-buru Dibuang! Ternyata Cangkang Telur Dapat Dimanfaatkan untuk Ini

WJtoday, Jakarta - Telur merupakan salah satu makanan sehat dan sejuta penikmat karena harganya yang cukup ekonomis di kantong. Tidak peduli bagaimana Anda memasaknya, baik Anda orak-arik, merebus, atau menggorengnya, manfaat nutrisinya tetap ada.

Orang-orang di seluruh dunia memasukkan telur sebagai bagian dari makanan sehat mereka, sering kali menyantapnya untuk sarapan dengan roti dan teh.

Namun, tahukah Anda kalau telur bermanfaat lebih dari sekadar kandungan di dalamnya? Menariknya, kulit telur juga memiliki nutrisi penting yang baik untuk kesehatan.

Meski kebanyakan orang membuang cangkang telur setelah mengonsumsi telur, tetapi cangkang atau kulit telur yang dikeringkan dan diblender tetap bermanfaat dan bisa dikonsumsi juga.

Jangan anggap remeh kulit telur karena manfaatnya yang besar untuk perawatan kulit, kesehatan gigi, dan masih banyak lagi.

Daripada membuangnya, sisihkan saja karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan kulit telur.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan pada kulit telur Anda:

1. Pemutih gigi
Bubuk kulit telur sangat bagus untuk memutihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Dengan menggabungkan satu sendok teh bubuk kulit telur dengan sedikit soda kue dan sedikit minyak kelapa murni, Anda akan membuat pasta yang membantu menghilangkan plak dan karang gigi, sehingga gigi menjadi lebih putih dan sehat.

Anda juga bisa mengoleskan bubuk kulit telur langsung ke gigi Anda. Kulit telur mengandung kalsium dan mineral lain yang memperkuat enamel, menjaga kebersihan gigi dan bahkan membantu melawan gigi berlubang.

Untuk cara lainnya, pertimbangkan untuk menyikat gigi dua kali seminggu menggunakan campuran bubuk batu bara dan bubuk kulit telur. Ini juga berhasil.

2. Perawatan kulit
Mengatasi iritasi kulit, ruam, atau peradangan? Bubuk kulit telur bisa membantu.

Cobalah merendam satu sendok teh bubuk kulit telur dalam cuka sari apel selama lima hari, setelah itu celupkan bola kapas ke dalam campuran ini dan oleskan di mana pun diperlukan pada kulit.

Pastikan untuk membiarkannya selama 30 menit sebelum dicuci. Anda akan mulai melihat hasilnya dalam beberapa hari.

Selain itu, mengoleskan campuran ini juga bisa meredakan masalah kulit seperti eksim, kurap, flek hitam, dan warna kulit tidak merata. Ini adalah perawatan kulit alami untuk kulit lebih bersih dan sehat.

3. Pupuk alami
Kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, daun bengkok dan bintik hitam.

Jika Anda adalah pemilik tanaman atau memiliki lahan pertanian kecil, kamu bisa menyediakan kalsium dengan menambahkan bubuk cangkang telur ke dalam tanah saat menanam.

Anda bisa menambahkannya langsung ke tanah saat menanam atau mencampurkannya dengan air, lalu menggunakannya untuk menyiram tanaman kamu.

4. Kulit wajah bercahaya
Menggunakan bubuk kulit telur bisa membuat kulit bercahaya. Begini caranya: Buat pasta dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kulit telur dengan madu mentah.

Oleskan pada wajah, biarkan hingga benar-benar kering lalu bilas. Ini membuat kulit Anda lebih halus dan bercahaya. Anda juga bisa mencampurkan bubuk kulit telur dengan putih telur yang sudah dikocok dan mengoleskannya pada wajah kamu. Ini berfungsi sebagai perawatan yang menghidrasi dan mengelupas.

5. Agen pembersih
Bubuk kulit telur tidak hanya untuk perawatan pribadi. Ini juga merupakan asisten pembersih yang berguna. Untuk membersihkan noda membandel pada panci dan wajan yang tidak bisa dijangkau dengan spons, gunakan bubuk kulit telur sebagai scrub dan abrasif.

Campurkan dengan sedikit air sabun, dan Anda akan merasakan efektivitasnya dalam menghilangkan luka bakar dan kotoran. Larutan pembersih alami ini membuat peralatan masak Anda tampak berkilau dan bersih.

6. Pemutih cucian
Kulit telur bisa memudarkan noda pada pakaian putih seperti halnya pemutih.

Cukup tambahkan satu sendok makan bubuk kulit telur ke dalam deterjen cucian Anda dan saksikan noda membandel hilang.***