Kemenkeu Kembali Digunjing Netizen Usai Alphard 'Sakti' Sri Mulyani Terobos Apron Bandara Soekarno-Hatta

Kemenkeu Kembali Digunjing Netizen Usai Alphard 'Sakti' Sri Mulyani Terobos Apron Bandara Soekarno-Hatta
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sontak jadi buah bibir netizen di dunia maya. Hal itu terjadi usai, Sri Mulyani turun dari pesawat di bandara langsung dijemput Alphard. 

Tapi sayang, Netizen menilai, gemerlap fasilitas sang menteri tak berimbang dengan prestasi. karena masih banyak praktik penyelewengan di internal Kemenkeu. Seharusnya menjadi concern sang menteri. 

Melalui akun twitter @PartaiSocmed, dikutip Sabtu, 25 Maret 2023, menyematkan foto Mobil Alphard berwarna hitam dikawal mobil Toyota Hiace yang diduga milik Bandara (Angkasa Pura) berwarna silver. 

Kehadiran Alphard ‘sakti’ yang leluasa menembus apron Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) itu, tentu mengejutkan. Benar saja, mobil itu sedang menjemput Sri Mulyani

Saat penjemputan, Sri Mulyani baru pulang dari kunjungan kerja ke Papua. Usai mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Papua Youth Creativity Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023). 

“Sudah ada klarifikasi bahwa itu adalah rombongan Ibu Menkeu Sri Mulyani yang baru pulang dari Papua dengan pesawat Batik Air,” ciit PartaiSocmed. 

Dua hari sebelumnya, akun ini juga mengunggah foto mobil Alphard bersama Toyota Hiace. Hanya saja belum diketahui maksud dan tujuan kedua mobil tersebut. 

“Halo @beacukaiRI, siapa nih yang tadi siang dijemput pakai mobil Bea Cukai sampai mobilnya masuk ke area landas pacu segala?Mana bawaannya banyak banget,” cuit PartaiSocmed yang juga ditembuskan ke akun twitter Stafsus Menkeu, Yustinus Prastowo (@prastow) dan @KemenkeuRI. 

Kontan saja, netizen melontarkan kalimat-kalimat tak sedap untuk Sri Mulyani

“Hmmm…Hidup para pejabat penuh privilege…Kementerian yang dianggap paling modern, dianggap memiliki sistem meritokrasi yang paling baik…seperti ini…apalagi yang bisa diharapkan,” tulis @TheFeds24. 

“Kenapa ya, pejabat-pejabat di Indonesia tidak seperti di Belanda yang suka jalan kaki, naik sepeda atau naik kereta,” cuit @TeeMee.

Atau @LorensiaClara1 menuliskan: “Wkwk..gue pernah ketemu beberapa menteri di bandara, yang terbaru Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, perasaan gak sespesial itu jemputnya. Beliau lewat pintupintu keluar biasa, kayak penumpang lainnya. Kalau Kemenkeu emang beda kali yaa.”

Kata Pengamat Penerbangan Alvin Lie

Viral mobil Alphard diduga milik Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk apron Bandara Soetta. Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, kawasan airside bandara (operasi udara) sebenarnya memiliki peraturan yang ketat.

Hanya orang yang memiliki sertifikasi dan mendapat izin khusus yang bisa masuk ke kawasan tersebut.

"Untuk sisi udara ini sangat ketat peraturannya, hanya orang-orang yang memiliki sertifikat sudah terlatih dan mendapatkan sertifikasi dan izin yang boleh masuk ke airside," ungkap Alvin, Sabtu (25/3/2023).

Lantaran ketat, tidak semua orang diperbolehkan masuk ke dalam airside. Alvin mengatakan tamu khusus pun harus didampingi oleh petugas keamanan bandara dengan sejumlah protokol keselamatan.

Dia menegaskan kawasan airside cukup berbahaya bagi keselamatan orang-orang tidak mengantongi sertifikasi namun berada di lokasi tersebut. Pasalnya, airside adalah tempat terjadi pergerakan pesawat terbang.

Dalam operasionalnya saja, para petugas harus mengikuti peraturan teknis. Misalnya, radio komunikasi yang menghubungkan pengendali lalu lintas udara dan lalu lintas di airpon.

"Agar tidak membahayakan pesawat dan pergerakan pesawat juga tidak membahayakan motor/mobil," kata dia.

Demikian juga mobil dan motor, pihak bandara membatasi jumlah dan akses kendaraan motor dan mobil di airside. Alvin menyebut, operasional motor atau mobil/bus adalah kendaraan yang sudah terdaftar dan mempunyai nomor registrasi untuk beroperasi.

"Jumlahnya dibatasi sesuai dengan kebutuhan agar tidak terjadi over atau jumlah yang berlebihan," katanya.

Diduga Langgar Protokol

Pengusaha Peter F Goontha sempat menangkap momen mobil Alphard Sri Mulyani masuki apron Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Mobil mewah itu masuk kawasan bandara menjemput langsung Sri Mulyani tanpa melalui jalur penumpang. Mobil itu tampak bebas melenggang karena dikawal kendaraan milik Bea Cukai di belakangnya.

Sontak momen itu pun diunggah Peter F Goontha di Facebook @Peter F Gontha. Dalam foto yang diunggah itu terlihat Sri Mulyani hendak menaiki mobil Alphard tersebut.

Kemarin waktu saya Posting mengenai mobil pejabat Negara masuk ke APRON Bandara Soetta saya tidak tau kalau itu adalah Mobil SMI. Pagi ini 8 pesan WHATs APP masuk ke HP saya dan menginformasikn bahwa itu adalah seorang Menteri, ditambah Foto, mengatakan bahwa itu adalah Ibu Sri Mulyani, tulis Peter Gontha dilansir Sabtu (25/3/2023).

Mantan Komisaris Garuda Indonesia itu pun menjelaskan jika Sri Mulyani saat itu ingin langsung melakukan sidak ke gudang Bea Cukai. Namun, menurutnya bandara memiliki protokol keamanan tersendiri.

Mobil yang digunakan harus disetujui atau khusus beroperasi di dalam bandara secara resmi. Dia mengingatkan agar otoritas bandara tidak memberikan pengecualian untuk keamanan mengingat banyak pesawat yang terparkir.

Ya maaflah kalau SMI merasa terusik, yang pasti kita ingin sampaikan, marilah semua mengikuti aturan yang ada, jangan gara-gara kedudukan sebagai menteri keuangan yang katanya terbaik di dunia terus boleh bikin apa saja, tegasnya.

Dia pun membandingkannya dengan Presiden Joko Widodo yang tetap mematuhi protokol bandara dengan berjalan dari pesawat.

Kita lihat Presiden Jokowi saja, kalau beliau mendarat di Halim, selalu jalan kaki dari pesawat menuju gedung terminal VIP, kok Presiden saja bisa? kok menteri kita tidak bisa? ucapnya.

Dia menambahkan, selama ini dirinya kerap membela Sri Mulyani di media sosial. Namun, jika bersalah, dirinya tidak akan segan-segan melakukan kritik termasuk kejadian dijemput mobil di dalam Bandara Soetta.

Jangan selalu anggap diri paling bersih, paling baik,paling pintar paling hebat di Indonesia. Netizen kita hebat juga bahkan kejam, jadi hati-hati lah, tegasnya.***