Korut Ledakkan Kantor Penghubung Antar-Korea

Korut Ledakkan Kantor Penghubung Antar-Korea
Lihat Foto
WJtoday - Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan tengah memanas. Setelah perang kata-kata yang dilakukan pejabat top Korea Utara, kini Korea Utara dilaporkan telah meledakkan kantor penghubung antara dua Korea.

"Korea Utara meledakkan Kantor Penghubung Kaesong pada pukul 14:49," kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani hubungan antar-Korea dalam pernyataan tertulis seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Mengutip sumber militer Korea Selatan, Yonhap melaporkan, ledakan keras terdengar hingga ke kota perbatasan di wilayah negeri ginseng dan asap terlihat membumbung tinggi.


Kim Yo-jong, saudara dari pemimpin Korea Utara

Ledakan kantor penghubung itu terjadi hanya beberapa hari setelah Kim Yo Jong, saudara perempuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengeluarkan peringatan pada Sabtu (13/6) malam.

"Tidak lama lagi, sebuah adegan tragis dari kantor penghubung bersama Utara-Selatan yang tidak berguna yang benar-benar runtuh akan terlihat," ujarnya seperti dilansir Yonhap.

Korea Utara mengecam Korea Selatan karena gagal menghentikan pembelot Utara yang sekarang ada di Selatan mengirim selebaran anti-Pyongyang melintasi perbatasan menggunakan balon. 

Beberapa kelompok yang dipimpin oleh pembelot secara teratur mengirim kembali selebaran, bersama dengan makanan, uang kertas US$ 1, radio mini dan stik USB yang berisi drama dan berita Korea Selatan, biasanya dengan balon melewati perbatasan atau dalam botol melalui sungai.

Korea Selatan tengah berencana mengambil tindakan hukum terhadap dua kelompok pembelot, dengan mengatakan tindakan mereka memicu ketegangan lintas-batas, menimbulkan risiko bagi penduduk yang tinggal di dekat perbatasan dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Namun kelompok tersebut mengatakan mereka berniat untuk terus maju dengan kampanye yang direncanakan minggu ini.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mendesak Pyongyang pada hari Senin untuk menjaga perjanjian damai yang dicapai oleh kedua pemimpin dan kembali ke dialog.***




Asap terlihat dari Kaesong, kota di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan, pada 16 Juni 2020. Korea Utara disebut sudah meledakkan kantor penghubung dengan Korsel di Kaesong.(Yonhap)