NasDem, Demokrat dan PKS Sepakat Usung Anies Baswedan sebagai Bakal Capres 2024

NasDem, Demokrat dan PKS Sepakat Usung Anies Baswedan sebagai Bakal Capres 2024

WJtoday, Jakarta - Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahterah (PKS) telah sepakat memilih Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024.

Kesepakatan itu juga tertulis dalam piagam kerja sama tiga partai politik yang telah ditandatangani oleh ketua umum Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS pada 14 Februari 2023.

"Jadi pertama bagaimana kesepakatan mencapreskan Mas Anies Baswedan itu sudah ditandatangani kami memilih waktu 14 Februari (2023) teman-teman, itu tahun sebelum pilpres dan pileg yang akan kita songsong 2024 nanti,” ujar Ketua DPP Partai Nasden Willy Aditya melalui keterangannya, dikutip Sabtu (25/3/2023).

Tidak hanya itu, dalam piagam kerja sama itu juga dijelaskan bahwa ketiga partai politik tersebut telah sepakat untuk membentuk koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) yang mana bertujuan sebagai tanggung jawab untuk memastikan kesinambungan pembangunan bangsa.

“KPP menyongsong kesempatan ini dengan mengambil langkah pembaharuan berisikan perubahan dan pembaharuan,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, masing-masing dari ketiga partai politik tersebut telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bacapres yang diusungnya pada Pemilu 2024 nanti.

Adapun yang pertama kali menunjukkan Anies sebagai Bacapres 2024, yaitu Partai NasDem yang disebutkan langsung oleh Ketua Umumnya, Surya Paloh.

Menurut Surya Paloh, sosok Anies adalah pemimpin yang terbaik dari pada tiga calon nama yang sebelumnya sempat diumumkan saat Rakernas Partai Nasdem.

“Yang dicari NasDem adalah yang terbaik dari pada yang terbaik inilah akhir Nasdem memilih seorang sosok Anies Baswedan," ujar Surya Paloh, Senin, 3 Oktober 2022.

Kemudian, disusul oleh PKS yang juga turut mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu pada 23 Februari 2023 lalu.

Presiden PKS, Akmad Syaikhu menjelaskan alasan PKS mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena Anies dianggap memiliki karakter yang nasionalis dan religius. 

“Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis sekaligus religius," ujar Ahmad Syaikhu. 

Lalu, deklarasi Anies sebagai Bacapres 2024 juga dilakukan oleh Partai Demokrat pada 2 Maret 2023 dan diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat, Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama,” kata AHY.

“Ini memmberikan kekuatan hukum pada deklarasi partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan,” lanjutnya.***