Pemkab Bekasi Optimis Cikarang Trade Center Dapat Memperluas Pemasaran UMKM

Pemkab Bekasi Optimis Cikarang Trade Center Dapat Memperluas Pemasaran UMKM
Lihat Foto

WJtoday, Kab Bekasi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mendukung penuh atas diresmikannya Factory Outlet Cikarang Trade Center di Jababeka untuk para pelaku UMKM yang berada di wilayah tersebut.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, peresmian Factory Outlet Cikarang Trade Center ini sangat dibutuhkan Pemerintah daerah untuk mendukung para pelaku UMKM.

"Kabupaten Bekasi ini indentik dengan industri, karena industri dan perdagangan itu suatu yang tidak dipisahkan," kata Dani dalam rilis, dikutip Minggu (28/1/2024).

Dani menyampaikan, sektor industri berperan dalam penyerapan tenaga kerja lokal. Dengan adanya Cikarang Trade Center ini, akan menambah pusat perdagangan termasuk didalamnya UMKM.

“Maka Cikarang selain menjadi pusat industri, bisa juga menjadi pusat perdagangan, termasuk didalamnya UMKM kita bisa terlibat untuk memperluas pasarnya," terangnya.

Dani pun menyatakan optimisme terhadap manfaat yang akan dihasilkan dari Factory Outlets Cikarang Trade Center. Menurutnya, pameran ini efektif dalam memperkenalkan produk dari pelaku usaha binaan UMKM dari berbagai dinas Pemerintah Kabupaten Bekasi dan perusahaan di Kawasan Industri Jababeka kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang jenis produk atau jasa yang dihasilkan di Kabupaten Bekasi. 

“Kenapa (Factory Outlets Cikarang Trade Center) perlu dilaksanakan, menurut pakar negara maju itu dilihat dari bagaimana masyarakatnya berproduksi. Industri di Kabupaten Bekasi telah menjadi pusat industri nasional. Selain itu pertaniannya juga ada, jadi kita sudah kuat fondasinya,” papar Dani.

“Tapi kita ingin (Kabupaten Bekasi) tidak hanya kuat di industrinya, tapi juga perdagangan. Dan kita belum punya pusat perdaganan. Inilah embrio untuk jadi pusat perdagangan. Kita akan terus kembangkan, di mana rencananya akan digelar satu tahun sekali,” lanjutnya.

Dani Ramdan juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, yaitu PT Jababeka Tbk, President University, APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia), Wanita Bekasi Keren, yang terlibat aktif menyukseskan event ini.

Dia berharap pihaknya bisa terus bekerja sama untuk menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center lebih meriah di tahun mendatang, yaitu mengajak pelaku usaha dan vendor yang lebih besar. Sehingga dampaknya lebih siginifikan ke masyarakat.  ***