Perang Rusia-Ukraina Belum Usai, Teranyar Timur Tengah-Israel Saling Serang Pasca Insiden di Kompleks Al-Aqsa

Perang Rusia-Ukraina Belum Usai, Teranyar Timur Tengah-Israel Saling Serang Pasca Insiden di Kompleks Al-Aqsa
Lihat Foto

WJtoday, Israel - Israel meluncurkan serangan balasan ke Libanon usai tembakan roket yang menghantam negaranya pada Senin (25/4/2022).

"Sebagai balasan atas proyektil yang ditembakkan dari Libanon ke arah utara Israel, pasukan artileri Angkatan Bersenjata Israel [IDF] menyerang sumber tembakan itu di Libanon," ujar pernyataan IDF, yang dikutip dari AFP.

Kepala juru bicara (jubir) militer Israel, Ran Kochav, melihat roket tersebut ditembakkan oleh kelompok Palestina di Lebanon. Keterangannya, roket tersebut menghantam lapangan terbuka di utara Israel.

"Kami percaya ini berhubungan dengan bulan suci Muslim, Ramadan, dan kerusuhan di Kompleks Al-Aqsa," ujar Kochav kepada Radio Israel Kan.

Dirinya mengkaji pada bentrok demonstran Palestina dengan kepolisian Israel di Masjid Al-Aqsa dalam beberapa waktu sebelumnya.

Bermula Jumat dua pekan lalu, bentrokan terus terjadi di kompleks tempat suci tersebut. Korban jiwa mencapai ratusan orang terluka akibat rangkaian bentrokan ini.

Selain itu, sebagian kecil faksi Palestina di Lebanon memang kerap menyerang Israel di masa lampau. Meski, kondisi itu mulai redam sejak perang antara Israel dan Hizbullah pada 2006.***