Petugas dari 4 Puskesmas Disiagakan Layani Warga Terdampak Puting Beliung di Sumedang

Petugas dari 4 Puskesmas Disiagakan Layani Warga Terdampak Puting Beliung di Sumedang
Lihat Foto

WJtoday, Sumedang - Dinas Kesehatan Sumedang menyiagakan petugas kesehatan pos di Posko bencana angin puting beliung, yang didirikan di kawasan industri Dwipapuri, Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung.

"Kami berposko di sini (Dwipapuri) dan beberapa yang memang dampaknya agak besar akibat angin puting beliung," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumedang Reny Kurniawati Anton, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (24/2/2024).

Menurut Reny, petugas kesehatan dari 4 Puskesmas ini akan siaga 24 jam untuk melayani warga terdampak, maupun petugas dan relawan.

"Di sini ada Puskesmas Sawahdadap dan Puskesmas Cimanggung, dan di wilayah Jatinangor ada Puskesmas Jatinangor dan Cisempur, kami siagakan nakes (tenaga kesehatan), mengikuti arahan pak pj bupati dan BPBD sebagai Pusdalops," ungkapnya.

Disampaikan juga bahwa sejak hari pertama kejadian angin puting beliung, Dinkes sudah ikut membantu beberapa pasien warga terdampak puting beliung. Namun ia memastikan tidak ada warga yang menderita luka serius.

"Tidak ada yang luka berat, hanya mungkin ada yang luka tergores, benda tumpul, luka-luka yang bisa kami tangani secara langsung," ucap Reny.

Sedangkan di posko-posko kesehatan, Dinas Kesehatan juga menyiapkan obat-obatan serta pelayanan kesehatan seperti cek tensi serta vitamin.

"Untuk psikologis kami masih mengambil data berapa yang terdampak, dan insya Allah nanti akan kami tindak lanjuti satu dua hari kedepan," pungkasnya.  ***