Pj Bupati Bekasi Apresiasi Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Lancar Tidak Ada Kendala

Pj Bupati Bekasi Apresiasi Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Lancar Tidak Ada Kendala
Lihat Foto

WJtoday, Kab Bekasi - Pj Bupati Dani Ramdan memonitoring langsung jalannya Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi. 

Rapat pleno tersebut serentak telah dimulai sejak 20 Februari 2024 oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

Di lokasi pertama, Pj Bupati Dani Ramdan meninjau Gedung Serbaguna Wanasari, tempat berlangsungnya proses rekapitulasi suara Pemilu, didampingi Muspika Kecamatan Cibitung, Lurah Wanasari serta Ketua PPK Cibitung.

Kemudian Pj Bupati bergegas menuju Gedung Olahraga Tambun, lokasi pengecekan selanjutnya didampingi oleh Camat Tambun Selatan beserta Ketua KPU Kabupaten Bekasi, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan tinjauan di lapangan, Pj Bupati Dani Ramdan menuturkan, proses pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan adanya kendala yang berarti. 

Hal tersebut tak lepas dari fungsi pengawasan dan pengamanan yang telah dilakukan semaksimal mungkin oleh seluruh stakeholder terkait guna mendukung terciptanya kondusifitas pada setiap tahapan Pemilu tahun 2024.

"Kalau rekapitulasi berjalan lancar, tidak ada gangguan yang berarti karena pengamanannya sudah sedemikian rupa dan hanya petugas yang berwenang saja yang dapat masuk. Sehingga Alhamdulillah tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujar Dani dalam keterangannya, dikutip Kamis (22/2/2024).

Dani Ramdan menilai, penyelenggara Pemilu memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga integritas dalam menjalankan tanggung jawab dan wewenangnya pada setiap tahapan pemilu. Terlebih saat momen krusial seperti tahapan rekapitulasi perolehan suara ini, yang prosesnya dilakukan melalui rapat pleno terbuka.

"Tidak ada upaya-upaya untuk memanipulasi dan memang secara sistem kalau saya lihat hampir tidak ada peluang, karena semua saksi hadir di situ, penghitungannya terbuka, dicek satu persatu." ucap dia.

"Jadi masyarakat juga bisa yakin bahwa apa yang terjadi proses di dalam ini, walaupun tidak bisa terbuka secara publik tetapi terjaga secara sistem, jadi insyaallah ini lebih baik, kecil kemungkinan adanya potensi yang mengkhawatirkan," imbuh Dani.

Dirinya juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menggunakan hak suaranya pada puncak Pemilu 14 Februari kemarin. 

Selain itu, dia pun berpesan agar seluruh pihak baik stakeholder terkait, juga lapisan masyarakat tetap menjaga keamanan dan kondusifitas lingkungan demi terlaksananya Pemilu yang lancar hingga tahapan akhir.

"Masyarakat saya kira sudah berperan dengan sangat baik, sudah melaksanakan hak pilihnya, sekarang tinggal bersabar menunggu proses sampai tuntas dan Insyaallah satupun suara dari masyarakat tidak ada yang tidak tercatat di sini ataupun bergeser, kami semua bertanggungjawab untuk menjaga agar suara masyarakat sesuai dengan pilihannya sehingga hasil Pemilu kita ini betul-betul jujur adil," pungkasnya.  ***