Setahun Produksi 15,6 Juta Ekor, Sumedang Termasuk Daerah Surplus Ayam Potong

Setahun Produksi 15,6 Juta Ekor, Sumedang Termasuk Daerah Surplus Ayam Potong
Lihat Foto

WJtoday, Sumedang - Kabupaten Sumedang termasuk daerah yang surplus produksi ayam potong. Data Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang setiap kali panen di Sumedang dihasilkan sekitar 2,6 juta ekor ayam potong. 

Jika dalam satu tahun sedikitnya ada 6 kali panen maka ayam potong yang dihasilkam setara dengan 15,6 juta ekor.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Diskanak Mursjid Abdullah, dalam sehari kebutuhan ayam potong di wilayah Sumedang mencapai 20.000 ekor. 

"Rata rata kebutuhan ayam potong di Sumedang per hari sekitar 20.000 ekor, jadi bila dihitung per tahun sekitar 7,3 juta ekor, " jelas Mursjid dalam rilis, dikutip Senin (12/2/2024).

Kebutuhan ayam potong di Sumedang masih terpenuhi dengan produksi sendiri bahkan surplus, tak aneh untuk ayam ini Sumedang masih bisa mengirim.ke luar daerah. 

Melimpahnya produksi ayam potong di Sumedang saat ini tidak terlepas dari banyaknya peternakan ayam potong di Sumedang belakangan ini. 

"Keberadaan ternak ayam potong ini hampir menyebar diberbagai daerah termasuk di Kecamatan Surian saat imi sudah mulai banyak," tandasnya.  ***