Tahu Yun-Yi, Kuliner Legendaris Bandung yang Wajib Masuk Bucket List Jajananmu!

Tahu Yun-Yi, Kuliner Legendaris Bandung yang Wajib Masuk Bucket List Jajananmu!
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Kota Bandung selalu identik dengan kuliner yang melegenda. Salah satunya Tahu Yun-Yi, yang sudah 80 tahun eksis dan wajib anda masukkan ke dalam ‘bucket list’ eksplorasi kuliner anda.

Berdiri sejak 1940, Tahu Yun-Yi punya 5 menu yang bisa anda coba. Di antaranya:

1. Tahu Prima

Tahu Prima disebut sebagai menu legendaris di sini. R&D Tahu Yun-Yi, Hendri menyebut, produk satu ini sudah ada sejak pertama kali Tahu Yun-Yi mulai berjualan sekitar tahun 1940.

Tahu Prima merupakan jenis tahu bungkus yang berisi tahu kuning dan tahu putih. Jika anda penasaran dengan cita rasa dan sejarah perjalanan toko tahu legendaris ini, Tahu Prima wajib anda coba sebagai perkenalan.

2. Tahu Hans

Tahu Hans juga disebut sebagai tahu potong yang memiliki ukuran kecil dan punya tekstur yang halus, namun tetap padat. Varian ini memiliki jenis yakni tahu putih dan tahu kuning.

3. Tahu Sutra

Seperti namanya, Tahu Sutra memiliki tekstur yang lebih lembut. Menurut Hendri, varian satu ini cocok untuk dijadikan olahan makanan rebus atau goreng.

4. Sari Kedelai

Selain tahu sebagai olahan dari kacang kedelai, di Tahu Yun-Yi, anda juga bisa membeli produk sari kedelai-nya, loh!

5. Kulit Tahu

Produk terakhir di Tahu Yun-Yi adalah kulit tahu. Ya, menurut Hendri, bahan makanan ini bisa anda olah sebagai bagian dari sup atau olahan capcay. Selain itu, anda juga bisa menjadikannya bungkusan dimsum.

Lebih lanjut, Hendri menceritakan Tahu Yun-Yi adalah produk turun temurun dari zaman kakeknya yang berasal dari Tiongkok. Dalam laman resminya, mereka menyebut telah berdiri sejak 1940. Didirikan dan dirintis oleh Liauw Hon Tjan di Bandung.

Merangkak setahap demi setahap, dari awalnya memproduksi tahu dengan alat sederhana, kini Tahu Yun-Yi telah melegenda dan dikenal. Kemunculan perdananya di Kota Bandung pun mulai menghasilkan cabang baru di beberapa kota lain di Jawa Barat.

“Wajib coba produk Tahu Yun-Yi, karena kami punya produk tahu dengan rasa yang berbeda. Teksturnya padat dan tidak asam selama dikonsumsi selama batas waktu yang tertera,” pesannya.

Di Kota Bandung, anda bisa menjumpai toko tahu ini di Jalan Jendral Sudirman Nomor 229, atau kawasannya lebih dikenal dengan sebutan Cibadak. ***