Tanggap Darurat Pangan, Dispangtan Purwakarta Salurkan Ratusan Bantuan Pompanisasi Kementan secara Gratis

WJtoday, Purwakarta - Antisipasipasi Darurat pangan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menyerahkan bantuan 143 unit pompa air kepada kelompok tani di wilayah Kabupaten Purwakarta secara gratis.

Penyerahan bantuan pompa air tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ardiansyah, Kepala Dispangtan Purwakarta Sri Jaya Midan di halaman kantor Dispangtan Purwakarta, Selasa (14/5/2024)

Norman menjelaskan, Pemerintah Pusat, melalui Pemprov Jabar dan di Purwakarta melalui Pemkab Purwakarta beserta jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0619/Purwakarta berkomitmen bahwa terkait ketahanan pangan merupakan hal yang paling penting dan sangat penting.

Sehingga cara apapun pemerintah akan melakukan agar darurat pangan bisa diantisipasi.

Berdasarkan prediksi pemerintah, pada Juni dan Juli ke depan musim kemarau akan kembali terjadi di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya di Purwakarta.

"Nah untuk mengantisipasi hal tersebut kiranya ada upaya-upaya yang dilakukan pemerintah, salah satunya melalui pompanisasi agar saluran air ke sawah atau lahan pertanian bisa tetap berjalan. Ini ikhtiar pemerintah untuk mengantisipasi darurat pangan," jelasnya.

Norman mengapresiasi jajaran Dispangtan Purwakarta beserta jajaran TNI Kodim 0619/Purwakarta yang mempercepat proses antisipasi darurat yang disupport langsung oleh Kementerian Pertanian melalui pompanisasi.

Nantinya secara teknis rekan-rekan dari Dispangtan bersama TNI akan turun ke lapangan agar terkait pompanisasi ini bisa segera selesai dan lancar," kata Norman.

Norman pun mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Pertanian yang telah memberikan bantuan pompa air bagi kelompok tani di Purwakarta.

Bantuan yang diberikan sesuai dengan apa yang diusulkan, dan apa yang diusulkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan saat ini.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut kiranya ada upaya-upaya yang dilakukan pemerintah, salah satunya melalui pompanisasi agar saluran air ke sawah atau lahan pertanian bisa tetap berjalan. Ini ikhtiar pemerintah untuk mengantisipasi darurat pangan," jelasnya.

"Atas nama Pemkab Purwakarta, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan jajaran Kodim 0619/Purwakarta, semoga kerjasama ini, kolaborasi ini dan sinergitas ini bisa terus berlanjut," ucap Norman. (fuljo)