Tidak Golput, Bupati Cirebon Ajak Warga Salurkan Hak Pilih di TPS

Tidak Golput, Bupati Cirebon Ajak Warga Salurkan Hak Pilih di TPS
Lihat Foto

Tidak Golput, Bupati Cirebon Ajak Warga Salurkan Hak Pilih di TPS

WJtoday, Cirebon - Bupati Cirebon Imron mengajak masyarakat di daerahnya tidak golput dan berpartisipasi menyalurkan hak pilih dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu (14/2), dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

 

“Kepada seluruh masyarakat, kami imbau yang sudah mempunyai hak pilih harus datang ke TPS pada 14 Februari nanti. Jangan sampai golput,” kata Imron di Cirebon, Jawa Barat, Minggu.

 

Ia mengatakan partisipasi pemilih bisa menjadi indikator kesuksesan pemilu di Kabupaten Cirebon. Artinya jika banyak warga yang menyalurkan hak suara di TPS, maka pesta demokrasi tahun ini sudah terselenggara dengan baik.

 

Oleh sebab itu, Imron meminta masyarakat tetap datang ke TPS untuk mencoblos sesuai pilihan masing-masing agar tingkat partisipasi meningkat.

 

Berdasarkan data, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Cirebon tercatat 1.734.497 jiwa dengan 50,56 persen laki-laki dan 49,44 persen pemilih perempuan yang bisa mencoblos di 6.938 TPS.

 

Kemudian, ia juga berpesan masyarakat di Kabupaten Cirebon harus menjunjung tinggi rasa persatuan meskipun berbeda pilihan supaya pesta demokrasi berjalan aman dan kondusif.

 

“Kami bersama TNI-Polri sepakat untuk menjaga ketenangan dan ketertiban pemilu pada 14 Februari nanti,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Imron mendorong agar Bawaslu Kabupaten Cirebon dapat menunjukkan integritasnya sebagai pengawas pemilu dalam menjalankan setiap tugasnya.

 

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon Sadaruddin Parapat menjelaskan seluruh peserta pemilu dan partai politik (parpol) harus mematuhi aturan untuk tidak lagi melakukan kampanye atau kegiatan, yang berupa ajakan meyakinkan pemilih karena saat ini sudah masuk masa tenang.

 

“Kita juga melakukan patroli pengawasan sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi-potensi terjadinya dugaan pelanggaran,” tuturnya.

 

Sadaruddin menjamin seluruh pengawas se-Kabupaten Cirebon sudah siap bertugas di 6.938 TPS pada Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari.

 

“Kami memastikan bahwa semua pengawas pemilu melaksanakan tugas mereka sesuai dengan tupoksinya,” ucap dia.***