Travelers Choice Awards 2024: Bali Dinobatkan sebagai Destinasi Bulan Madu Terbaik di Dunia

Travelers Choice Awards 2024: Bali Dinobatkan sebagai Destinasi Bulan Madu Terbaik di Dunia
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Bali dinobatkan sebagai destinasi bulan madu terbaik seluruh dunia. Penghargaan Travelers Choice Awards 2024 itu dirilis oleh Tripadvisor, website yang mengulas destinasi wisata di seluruh dunia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengungkapkan penobatan tersebut menunjukkan pariwisata Bali aman dan nyaman. Menurutnya, mayoritas turis memilih Ubud sebagai destinasi bulan madu selama di Bali. Selain itu, kawasan Candidasa, Tulamben, hingga Bali barat juga mulai dilirik turis.

"Apalagi dengan film Julia Roberts, Eat Pray Love (yang syuting di Bali). Kalau yang sudah berpasangan dan ingin memperkuat cinta pasangannya, datanglah ke Bali," kata Pemayun, Kamis (18/1/2024).

Pemayun menuturkan Bali juga menjadi lokasi favorit untuk melakukan sesi foto prewedding. Selama ini, turis asal Korea dan India cukup banyak yang mengabadikan momen sebelum menikah mereka di Pulau Dewata. Tren prewedding itu, kata dia, juga mendongkrak okupansi hotel di Bali.

"Kalau (turis) India, sekali wedding bisa blok satu hotel. Itu potensi yang sangat besar," ungkapnya.

Pemayun menilai fasilitas untuk para turis yang pelesiran di Bali sangat lengkap. Ia mengeklaim turis asing betah berlibur karena pelayanannya juga baik.

"SDM yang juga mumpuni dan memiliki standar untuk meng-handle dan meng-arange turis," imbuhnya.

Untuk diketahui, penobatan Best of the Best Travelers' Choice Awards diberikan kepada aneka destinasi, hotel, restoran, dan aktivitas yang diulas di website Tripadvisor. Adapun, penobatan diberikan kepada objek yang mendapat opini terbaik dari komunitas Tripadvisor selama periode 12 bulan.

Dilansir dari laman Tripadvisor, Bali diibaratkan sebagai kartu pos hidup. Wisatawan bisa berjemur di bawah sinar matahari di hamparan pasir putih halus, menyelam, hingga mengunjungi pura-pura. Sementara itu, Ubud disebut sebagai 'ibu kota seni' yang menyajikan pertunjukan kesenian tradisional, kerajinan perak, hingga kelas yoga.***