Bakal Dapat Kontrak Baru Sampai 2027, Shin Tae-yong Siap Terima Target Besar PSSI hingga Belajar Bahasa Indonesia

Bakal Dapat Kontrak Baru Sampai 2027, Shin Tae-yong Siap Terima Target Besar PSSI hingga Belajar Bahasa Indonesia

WJtoday, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku siap untuk memenuhi target besar yang diminta PSSI. Atau hanya itu, juru taktik asal Korea Selatan itu siap belajar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong akan mendapatkan perpanjangan kontrak sampai akhir 2027. Sebelumnya PSSI mendatangkan Shin Tae-yong pada Desember 2019.

Pelatih berusia 53 tahun itu diminta memimpin tim Merah Putih sampai Desember 2023. Setelah masa baktinya berakhir, Shin Tae-yong mendapatkan tantangan dari PSSI sebagai syarat untuk memperpanjang kontraknya.

Shin Tae-yong menerima tantangan itu yakni membawa timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan timnas U-23 Indonesia melaju sampai babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

PSSI langsung memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sampai Juni 2024 sambil melihat apakah ia bisa memenuhi target tersebut atau tidak. Rupanya, Shin Tae-yong memenuhi dua target dari PSSI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah sepakat untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sampai 2027. Meski begitu, kedua belah pihak belum melakukan tanda kontrak secara resmi.

Menuju 2027, pasti ada target-target yang diminta PSSI kepada Shin Tae-yong. Sejauh ini belum diketahui target apa yang diinginkan Federasi Sepak Bola Indonesia itu. 

Meski begitu, Shin Tae-yong mengaku siap. Ia akan bekerja keras untuk memenuhi target yang diminta PSSI.

"Untuk target ke depan, saya tidak kaget," kata Shin Tae-yong.

"Saya bekerja dan berjuang untuk mengembangkan sepak bola Indonesia."

Kehadiran Shin Tae-yong memang mengubah permainan sepak bola Indonesia, khususnya tim nasional. Di bawah racikannya, timnas Indonesia kini duduk di posisi ke-134 ranking FIFA.

Sebelumnya ketika awal memegang, timnas Indonesia berada di posisi ke-171 ranking FIFA. Ini menjadi sebuah prestasi yang harus dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, timnas Indonesia kini berpeluang untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi saat menjamu Irak dan Filipina pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kedua pertandingan itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada 6 dan 11 Juni 2024. 

"Jadi saya akan memenuhi target yang sudah dibicarakan sebelumnya kepada Pak Erick Thohir," kata Shin Tae-yong.

Erick Thohir Sibuk, Shin Tae-yong Belum Tanda Tangan Perpanjangan Kontrak di Timnas Indonesia

 Shin Tae-yong, mengakui bahwa sampai saat ini ia belum melakukan perpanjangan kontrak dengan PSSI. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan ada beberapa kendala yang membuat ia belum bisa menekan tinta hitam putih di atas kertas.

Meski begitu, sudah ada kesepakatan antara Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan Shin Tae-yong untuk memperpanjang kontrak sampai 2027.

Kesepakatan itu dilakukan setelah Shin Tae-yong sukses membawa timnas U-23 Indonesia lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, PSSI sebelumnya memberikan dua target kepada Shin Tae-yong di timnas Indonesia dan timnas U-23 Indonesia.

Shin Tae-yong menjawab itu dengan sukses dan membawa timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 serta timnas U-23 Indonesia melaju ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

Erick Thohir langsung sepakat untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sampai 2027.

Sayangnya sampai saat ini belum ada kesepakatan secara resmi. Shin Tae-yong tidak mempermasalahkan itu.

Sebab, ia menyadari bahwa Erick Thohir merupakan orang yang sibuk. Selain bertugas di PSSI, Erick Thohir juga menjabat sebagai Menteri BUMN. Tentu saja banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh pria asal Jakarta itu.

"Ya memang belum melakukan tanda tangan tapi sudah ada pembicaraan dengan Pak Erick Thohir bahwa akan terus bersama sampai 2027," kata Shin Tae-yong.

"Karena memang Pak Erick Thohir banyak kesibukan jadi belum ada tanggal bertemunya," lanjutnya.

Shin Tae-yong menambahkan, kemungkinan besar ia akan bertemu Erick Thohir dalam waktu dekat ini. Besar kemungkinan pertemuan itu sekaligus melakukan tanda tangan kontrak perpanjangan sampai 2027.

"Kemungkinan besar minggu depan saya akan bertemu dengan Pak Erick Thohir," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong Janji Belajar Bahasa Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia berjanji Shin Tae-yong berjanji akan belajar Bahasa Indonesia. Rencana perpanjangan kontrak menjadi alasan terbesarnya.

Shin Tae-yong sudah empat tahun lebih menangani Garuda sejak ditunjuk PSSI pada Desember 2019. Sampai saat ini, Pelatih asal Korea Selatan itu hanya bisa mengucapkan kalimat-kalimat sambutan sederhana.

Terkini, PSSI akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sampai tiga tahun ke depan. Perpanjangan kontrak jangka panjang membuat sang pelatih merasa harus segera belajar bahasa lokal.

"Saya mohon maaf tidak bisa bahasa Indonesia, tetapi ke depannya saya akan belajar bahasa Indonesia karena akan berada di sini hingga 2027," kata Shin Tae-yong kepada wartawan.***