Dani Ramdan Apresiasi Kantin Kejujuran SMPN 2 Tambun Selatan, Didik Siswa untuk Tidak Berbohong

Dani Ramdan Apresiasi Kantin Kejujuran SMPN 2 Tambun Selatan, Didik Siswa untuk Tidak Berbohong
Lihat Foto

WJtoday, Kab Bekasi - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tambun Selatan yang mempunyai program inovatif Kantin Kejujuran untuk melatih keuangan dan pendidikan karakter tentang kejujuran para siswa. 

Hal tersebut dikemukakannya usai melihat langsung dan berbincang dengan sejumlah siswa di sekolah tersebut.

Sekolah yang berlokasi di Jl. Kebon Kelapa No. 128 Desa Tambun Kecamatan Tambun Selatan ini mengembangkan konsep dimana peserta didik harus membiasakan jujur sejak dini, sehingga menjadi terbiasa ketika mereka sudah dewasa. 

"Ya, kantin kejujuran itu bagaimana peserta didik dilatih kejujuran, karena jujur itu menyenangkan, sehingga sifat karakter peserta didik menjadi baik," kata Kepala Sekolah SMPN 2 Tambun Selatan, Unang Pratama, saat ditemui di kantornya, Senin (3/10/2022). 

Unang menjelaskan, untuk para pedagang di kantin sekolah SMPN 2 Tambun Selatan, semuanya berasal dari waga sekitar yang menjual makanan dan minuman produk UMKM lokal. 

"Tapi kita tentukan syarat-syaratnya, seperti makanan harus sehat, tidak menggunakan bahan yang berbahaya untuk kesehatan, seperti zat pewarna, serta makanan yang tidak kadaluwarsa," terangnya. 

Unang mengatakan, untuk cara pembayaran di kantin kejujuran itu, semua peserta didik sudah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) secara digital. 

"Alhamdulillah kami sudah bekerjasama dengan pihak bank bjb untuk peserta ketika mau bayar dengan menggunakan QRIS, nah di situ peserta didik tidak bisa berbohong," ungkapnya. 

Dirinya berharap dengan adanya program ini semua peserta didik bisa mengimplementasi nilai-nilai kejujuran secara baik, serta bisa menguatkan pendidikan karakter bagi para siswa.   ***