Deretan Sayur dan Buah Ini Ternyata Dapat Memperbaiki Fungsi Pankreas

Deretan Sayur dan Buah Ini Ternyata Dapat Memperbaiki Fungsi Pankreas
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Mengontrol tingkat gula darah berkaitan erat dengan mengatur makanan apa saja yang bisa dan perlu dihindari untuk dikonsumsi. Bagi penderita gangguan kesehatan berupa diabetes, menjaga kadar gula darah tidak menanjak naik bisa dilakukan dengan memilah menu makanan.

Khususnya memilih makanan yang dapat mengembalikan fungsi pankreas penghasil insulin. Meskipun membutuhkan arahan dari dokter, tetapi upaya menjalani pola makan sehat perlu dilakukan jangka panjang.

Dilansir eMediHealth makanan yang anti-inflamasi dan mengandung antioksidan bisa dikonsumsi untuk membantu memperbaiki fungsi pankreas , terutama untuk memproduksi dan memproses insulin secara efektif.

Apa saja sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes? Berikut daftarnya.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam mengandung vitamin K yang berfungsi menurunkan inflamasi. Sebuah studi membuktikan ada kaitan antara seseorang yang mengonsumsi sayuran berwarna hijau tua dengan meminimalisir risiko kanker pankreas.

Buah berkulit ungu
Warna buah berkaitan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Buah berwarna ungu seperti blueberi dan anggur merah mengandung anthocyanins. Zat tersebut merupakan salah satu dari sekian jenis flavonoid yang baik untuk mengontrol gula darah dan sensitivitas insulin.

Sayuran cruciferous
Brokoli, kubis, bol, kubis, dan Brussels sprouts mengandung flavonoid apigenin, luteolin, dan sulfur. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Berdasarkan studi, kandungan tersebut dapat membantu menjaga fungsi kerja pankreas.

Ubi jalar
Ubi jalar dianggap sebagai tanaman obat sebab bermanfaat antidiabetes dan anti-inflamasi. Dalam penelitian terbaru, ubi jalar berwarna putih dapat menunjukkan efek anti-hiperglikemik dengan menginduksi regenerasi sel pankreas.

Bawang putih
Seperti yang kita ketahui bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat. Khususnya mengandung zat anti-inflamasi dan efek antioksidan. Studi juga menunjukkan, bawang putih mereduksi racun dalam pankreas.

Jahe
Jahe, memiliki manfaat yang hampir sama dengan ubi jalar, yaitu sebagai anti-inflamasi yang meningkatkan parameter biokimia untuk diabetes tipe 2. Manfaat lainnya menurunkan glikosilasi hemoglobin (HbA1C) serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain sayuran dan buah yang bisa membantu mengembalikan fungsi pankreas, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari. Seperti alpukat, minyak zaitun, makanan berlemak, margarin, susu full-fat, mayonais, dan oil dressing.

Untuk memastikan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh Anda yang mengalami diabetes, konsultasikan pada dokter maupun ahli nutrisi setelah medical check up rutin.***