Dinkes Depok Ingatkan Masyarakat Waspada Peningkatan Kasus DBD, Lakukan PSN

Dinkes Depok Ingatkan Masyarakat Waspada Peningkatan Kasus DBD, Lakukan PSN
Lihat Foto

WJtoday, Depok - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, saat ini terjadi tren peningkatan kasus DBD di Kota Depok. 

“Kasus DBD di Kota Depok untuk Januari dan Februari mencapai 530 kasus, sehingga dirasa perlu untuk melakukan sosialisasi dan mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap DBD,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, saat membuka Webinar DBD melalui zoom meeting, Selasa (2/4/2024). 

Dirinya menjelaskan, penyakit DBD hingga ini belum ada obatnya. Namun, dapat dilakukan upaya pencegahan oleh masyarakat.

"Kesadaran masyarakat dalam upaya pengendalian nyamuk menular dan membatasi kematian karena DBD harus ditingkatkan," sebutnya.

Adapun upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus. Kemudian Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) dengan sasaran rumah masing-masing dan larvasida pada tempat penampungan air yang tidak dikuras atau dibersihkan.

Dalam hal ini, pengendalian DBD juga memerlukan kerjasama dengan semua sektor terkait. Mulai dari RT, RW, lurah dan camat, sekolah, Puskesmas, serta stakeholder terkait lainnya.

“Sehingga partisipasi dalam pencegahan DBD dapat semakin aktif melalui pengendalian vektor nyamuk,” tandasnya.   ***