Kasus HIV di Indonesia Masih Tinggi, Kemenkes Catat Tambahan Ribu Kasus Baru Setiap Bulan

Kasus HIV di Indonesia Masih Tinggi, Kemenkes Catat Tambahan Ribu Kasus Baru Setiap Bulan
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Kasus penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Indonesia masih cenderung tinggi. Penularan HIV salah satunya dipicu hubungan seksual berisiko.

"Setiap bulan ada sekitar 4 ribu kasus baru HIV di Indonesia. Kasus HIV ini adalah kasus-kasus yang sebagian besar disebabkan melalui hubungan seksual," kata Direktur Pencegahan Penyakit Menular Kemenkes dr Imran Pambudi saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Kata Kemenkes per 2023, sekitar 30 persen kasus HIV disumbang dari penularan ibu ke istri. Dampaknya, kasus HIV baru pada kelompok ibu rumah tangga bertambah.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memutus penularan HIV. Tentunya selain tidak melakukan hubungan seksual tak aman, pencegahan dengan pemakaian alat kontrasepsi seperti kondom juga efektif menurunkan risiko penularan HIV.

"Kalau kita bicara data, ternyata dengan menggunakan kondom, pencegahan HIV dan penyakit menular seks itu 80-90 persen. Efektivitasnya cukup tinggi asal digunakan dengan baik," tandasnya.***