Kemenag: 50 Persen Jemaah Haji Telah Kembali ke Tanah Air

Kemenag: 50 Persen Jemaah Haji Telah Kembali ke Tanah Air
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mengungkapkan bahwa hampir sebagian besar jemaah haji Indonesia telah kembali ke Tanah Air.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief mengatakan, pihaknya akan memastikan kepulangan para jemaah tersebut tidak mengalami kendala apapun.
 
“Insya Allah pemulangan terus berlanjut, hari ini memasuki 50 persen. Kita ingin mengawal pemulangan sampai tidak ada kendala lagi baik keterlambatan ataupun kita antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Hilman, Sabtu (30/7/2022).

Hilman mengungkapkam, dalam rapat evaluasi yang diikuti seluruh pimpinan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, telah dilakukan beberapa simulasi terkait masalah yang timbul saat proses pemulangan jemaah haji.

“Kita ingin mengawal pemulangan. Juga ada simulasi andaikan ada keterlambatan pesawat, baik pengaturan tas, bus, hingga koper jemaah,” terangnya.

Dia pun beralasan, persoalan keterlambatan pun sebenarnya sudah mereka komunikasikan agar tidak kembali terulang.

“Keterlambatan kita komunikasikan dan kita sampaikan konsekuensinya. Kalau berkonsekuensi tambah masa tinggal jemaah kita sampaikan karena itu ada dalam kontrak,” tegasnya.***