Kementerian PUPR Targetkan Perbaikan Permanen Tol Bocimi Akibat Longsor Rampung Juni 2024

Kementerian PUPR Targetkan Perbaikan Permanen Tol Bocimi Akibat Longsor Rampung Juni 2024

WJtoday, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan perbaikan permanen Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dapat rampung pada Juni 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, perbaikan permanen Jalan Tol Bocimi yang sempat longsor ini akan dimulai Senin pekan depan.

Basuki mengatakan, perbaikan akan membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

Sehingga, kemungkinan Tol Bocimi yang terdampak longsor sudah bisa beroperasi pada Juni mendatang.

"(Perbaikan) itu kira-kira dua bulan. Sudah mulai (diperbaiki) habis Lebaran. Senin besok sudah mulai (perbaikan) permanen, ya," ujar Basuki di kantornya, Selasa, 16 April.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Tol Bocimi tepatnya di exit Tol Parungkuda kilometer 64-600 longsor pada Rabu, 3 April malam.

Akibat insiden tersebut, satu unit mobil Isuzu Panther yang sedang melintas terperosok ke dalam longsor sedalam sekitar 10 meter.

Selain itu, dua mobil menabrak median jalan karena kaget menghindari longsor.

"Terdapat tiga kendaraan yang terlibat pada kejadian tersebut, yaitu dua mobil MPV dan satu truk," kata Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Abdul Hakim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Ketiga kendaraan tersebut melaju dari arah Jakarta menuju Sukabumi dengan kecepatan kurang lebih 80 km per jam di lajur satu. Ketika melintasi km 64+600 A, tiba-tiba lajur satu mengalami longsor. Sehingga, salah satu kendaraan MPV jatuh ke lubang.***