Kini TNI AD Punya Presenter Berita Kowad AI

Kini TNI AD Punya Presenter Berita Kowad AI
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Sosok Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menarik perhatian warganet. Sosok Kowad AI itu menyampaikan berita yang juga viral di media sosial (medsos).

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi memberikan penjelasan. Dia mengatakan sosok presenter Kowad AI itu ditampilkan untuk mengikuti perkembangan terkini.

"Ha-ha-ha... biar lebih kekinian," kata Brigjen Kristomei melalui keterangannya, dikutip Senin (5/2/2024).

Dia mengatakan tren penggunaan presenter AI ini akan diteruskan dan dibuat lebih intens. Pada penayangan perdana ini, ditampilkan sosok Serda (K) Sarah.

"Live AI ini perdana, dan akan kita lanjutkan dan perbanyak," kata dia.

Kristomei mengatakan Dispenad akan terus meningkatkan kapasitas personel dan mengikuti perkembangan zaman.

"Kita selalu meningkatkan kemampuan personel dispenad dengan kemajuan teknologi terkini dan beradaptasi dengan perkembangan sehingga informasi tentang TNI AD bisa mudah diterima oleh masyarakat," ujar dia.

Dalam postingan perdana, Kowad AI itu membawakan berita tentang viral babinsa di Ternate, Maluku Utara (Malut) yang menggendong siswa SD menyusuri sungai saat berangkat sekolah.

Dilansir Antara, Babinsa tersebut merupakan anggota Kodim 1501/Ternate di Provinsi Maluku Utara. Babinsa Desa Todowongi bernama Kopda Mario Gino tersebut harus membantu para siswa yang hendak ke sekolah pada Rabu (31/1). Kondisi tersebut biasa dihadapi para siswa khususnya saat musim hujan memasuki wilayah tersebut.***