KPK Siapkan Buku Panduan Antikorupsi untuk Disebar ke Seluruh Sekolah di Indonesia

KPK Siapkan Buku Panduan Antikorupsi untuk Disebar ke Seluruh Sekolah di Indonesia
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyiapkan buku panduan antirasuah. Buku itu akan disebar ke seluruh sekolah di Indonesia.

KPK menyiapkan perangkat dalam hal ini buku panduan untuk mengimplementasikan PAK (panduan antikorupsi) yang setidaknya dapat dijadikan standar minimal bagi satuan pendidikan di seluruh daerah,” kata Deputi Bidang Penididikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana melalui keterangan tertulis, Rabu, 7 Februari 2024.

Wawan menjelaskan panduan antikorupsi penting disebar untuk menguatkan integritas anak bangsa. Sehingga, mereka mengetahui rambu larangan ketika bekerja nanti.

KPK menilai mendoktrin siswa untuk memiliki sikap antikorupsi penting. Tujuannya untuk memutuskan kebiasaan korup di kalangan masyarakat.

Wawan juga mengatakan buku panduan yang dibuat bisa membuat seluruh siswa berinovasi untuk melakukan tindakan antikorupsi. Pedoman yang dibuat itu juga nantinya berlaku untuk tenaga pengajar.

“Buku panduan ini tidak dibuat secara terperinci agar satuan pendidikan di seluruh daerah dapat berinovasi terkait pendidikan antikorupsi,” tutur Wawan. ***