Pengguna Media Sosial di Dunia Tembus 5 Miliar Orang

Pengguna Media Sosial di Dunia Tembus 5 Miliar Orang
Lihat Foto

Pengguna Media Sosial di Dunia Tembus 5 Miliar Orang

WJtoday, Jakarta - Menurut laporan terbaru dari We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di seluruh dunia telah mencapai rekor baru, melampaui angka lima miliar. Ini menandai pertumbuhan yang mengesankan dalam penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Asal Mula Era Media Sosial

We Are Social menyoroti perkembangan signifikan dalam dunia media sosial sejak lahirnya Facebook oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Sejak saat itu, beragam platform media sosial telah muncul untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet.

Selama tahun 2023, jumlah pengguna aktif media sosial meningkat sebesar 5,6%, dengan 266 juta pengguna baru bergabung dalam setahun. Angka ini mencerminkan rata-rata 8,4 pengguna baru per detik, menunjukkan betapa pesatnya pertumbuhan penggunaan media sosial.

Dampak Durasi Penggunaan

Meskipun jumlah pengguna aktif terus bertambah, terdapat penurunan kecil dalam durasi rata-rata penggunaan media sosial per hari. Meskipun demikian, pengguna rata-rata masih menghabiskan waktu lebih dari dua jam per hari untuk berinteraksi dengan platform media sosial.

Kelompok usia 16-24 tahun merupakan kelompok yang paling aktif menggunakan media sosial, dengan rata-rata waktu penggunaan hampir tiga jam per hari. Selain itu, wanita cenderung menghabiskan sedikit lebih banyak waktu daripada pria dalam menggunakan media sosial.

Negara dengan Penggunaan Terbanyak

Negara-negara seperti Kenya, Afrika Selatan, dan Brasil menonjol sebagai negara dengan waktu penggunaan media sosial tertinggi secara rata-rata. Indonesia juga termasuk dalam daftar dengan rata-rata penggunaan media sosial lebih dari tiga jam per hari.

Facebook tetap menjadi platform media sosial terbesar dengan lebih dari tiga miliar pengguna, diikuti oleh YouTube, WhatsApp, Instagram, dan TikTok. Platform-platform ini terus menjadi tempat interaksi online yang dominan bagi masyarakat di seluruh dunia.

Dengan jumlah pengguna media sosial yang terus bertambah, penting untuk memahami dampaknya terhadap perilaku online dan budaya digital secara keseluruhan. Perkembangan ini juga memperkuat peran media sosial dalam komunikasi, bisnis, dan interaksi sosial di era digital. ***