Program Prioritas KSAL Baru, Laksamana Muhammad Ali

Program Prioritas KSAL Baru, Laksamana Muhammad Ali
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali menyampaikan bahwa dirinya memiliki 4 (empat) program prioritas yang akan dilaksanakan sepanjang kepemimpinannya nanti. Yang pertama adalah soal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sumber Daya Manusia (SDM) prajurit TNI AL ditempatkan sebagai prioritas utama dengan pertimbangan berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusianya,” kata Laksamana TNI Muhammad Ali saat menggelar Entry Briefing di Auditorium Denma Mabes Angkatan Laut Cilangkap, Jakarta Timur seperti dikutip Minggu (1/1/2023).

Agenda entry breafing itu dilakukan pada hari Jumat (30/12) dihadiri seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui tatap muka langsung maupun sarana Video Conference (Vicon).

KSAL Ali menyampaikan, bahwa visinya adalah untuk mewujudkan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh dalam rangka mencapai kesiapan dan kesiagaan yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas Angkatan Laut yang dipercayakan oleh negara.

Program prioritas kedua adalah pemenuhan kebutuhan akan alutsista. TNI AL akan memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi.

“Modernisasi dan pemeliharaan serta perawatan Alutsista harus memiliki hasil nyata yakni alutsista yang siap dioperasionalkan dan siap digelar sesuai kebutuhan operasi,” tegasnya.

Sementara itu, program prioritas ketiga adalah peningkatan fasilitas pangkalan dan sarana maupun prasarana yang dapat menunjang operasi serta tugas-tugas TNI AL. Menurut KSAL, pangkalan harus dilengkapi untuk mampu memberi dukungan secara optimal kepada satuan operasional.

“Peningkatan fasilitas maupun sarana dan prasarana (Sarpras) juga diperlukan bagi operasi perbatasan, serta dalam menunjang validasi organisasi, dimana ada beberapa satuan baru maupun satuan yang direlokasi sarprasnya belum memadai,” terangnya.

Sedangkan program prioritas keempat adalah manajemen operasi dan sistem dukungan logistik. Dalam mencapai keberhasilan operasi maupun pencapaian tugas-tugas TNI AL diperlukan penataan terhadap manajemen operasi yang diikuti dengan evaluasi sesuai dengan tahapannya untuk menentukan strategi yang tepat serta efektif.

“Beberapa penekanan yang juga disampaikan di antaranya agar prajurit TNI AL melaksanakan pengabdian dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati, menyamakan visi,” sambungnya.

Lebih lanjut, langkah dan persepsi dalam mencapai program-program prioritas KSAL adalah memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam bidang dan fokus terhadap penyelesaian tugas sesuai dengan arah kebijakan pimpinan, meningkatkan kesiapan operasional baik Alutsista dan satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability), memperkokoh soliditas antar matra TNI, menjaga netralitas TNI serta perkuat dedikasi dan loyalitas kepada TNI AL, TNI, bangsa dan negara.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali berharap kepada TNI sebagai Patriot NKRI (Prajurit TNI yang Profesional, Modern dan Tangguh) agar dapat bekerja sama dan berjuang bersama dengan kesamaan tekad, visi dan misi dalam membangun TNI AL untuk meraih kejayaan Angkatan Laut yang hakiki, yakni Jalesveva Jayamahe.***