Sekilas Mirip WhatsApp, Telegram Mulai Luncurkan Akun Bisnis

Sekilas Mirip WhatsApp, Telegram Mulai Luncurkan Akun Bisnis
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - CEO dan Founder Telegram Pavel Durov mengatakan bahwa mulai saat ini, semua pengguna Telegram dapat mengubah akun Telegram mereka menjadi akun bisnis. 

Dengan peluncuran akun bisnis ini, layanan perpesanan Telegram juga meluncurkan sejumlah fitur baru yang sangat berguna untuk bisnis, di antaranya adalah:

Jam Buka dan Lokasi

Dengan fitur baru ini, bisnis akan dapat menunjukkan waktu operasional dan lokasi mereka di peta. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah menemukan bisnis Anda. 

Halaman Awal

Bisnis dapat menyesuaikan halaman awal untuk obrolan kosong, memilih teks dan stiker yang akan dilihat orang saat memulai percakapan.

Balasan Cepat

Balasan cepat adalah pintasan untuk mengirim pesan template yang dapat mengandung beberapa butir tulisan dan mendukung pemformatan teks, tautan, stiker, media, dan berkas.

Pesan Salam

Agar lebih otomatis, Anda dapat memasang pesan salam yang akan dikirimkan ke pengguna yang menghubungi Anda untuk pertama kalinya.

Pesan di Luar Jam Kerja

Anda juga dapat menyiapkan pesan di luar jam kerja yang akan dikirim saat bisnis Anda tutup atau ketika Anda berlibur.

Tagar Obrolan

Dengan Telegram Business atau Premium, Anda dapat mencantumkan label beraneka warna pada obrolan, memberikan tagar yang unik berdasarkan folder obrolan. 

Tautan Obrolan

Anda dapat membuat tautan obrolan menuju bisnis Anda, berupa tombol untuk memesan meja atau melacak pesanan.

Chatbot untuk Bisnis

Pengguna Telegram Business dapat menyambungkan bot Telegram yang akan memproses dan menjawab pesan pelanggan atas nama mereka. Hal ini akan memudahkan bisnis dalam menambahkan asisten AI untuk mengelola percakapan. 

Dengan demikian, mereka yang memiliki akun bisnis akan mendapatkan akses ke fitur-fitur bisnis yang disebutkan di atas. ***