Terminal Ciakar Sumedang Siapkan Armada Cadangan saat Arus Mudik dan Balik

Terminal Ciakar Sumedang Siapkan Armada Cadangan saat Arus Mudik dan Balik
Lihat Foto

WJtoday, Sumedang - Jelang arus mudik lebaran 2024 Terminal Ciakar telah melakukan sejumlah persiapan. Selain telah memiliki gedung baru, Satuan Terminal Ciakar juga menyiapkan armada bus cadangan dari 3 Perusahaan Otobus (PO) bus yang ada di Sumedang. 

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kami siapkan armada cadangan dari 3 perusahan otobus yang ada di Sumedang," kata Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Ciakar Cahyono dalam keterangannya, dikutip Rabu (3/4/2024).

Ia menuturkan, PO Cahaya Bakti Utama (CBU) dari armada reguler sebanyak 8 bus, disiapkan armada tambahan sebanyak 3 bus. Kemudian Medal Sekarwangi (MS) sebanyak 10 bus reguler, disiapkan 2 armada cadangan. Sementara bus Arimbi tujuan Tangerang dari 6 armada reguler, disiapkan cadangan sebanyak 4 bus. 

"Jadi bus cadangan yang kami siapkan itu ada 9, itu belum lagi yang AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) cadangannya itu ada 3 dimana yang regulernya ada 5," jelasnya.

Satuan Terminal Ciakar tidak melakukan persiapan khusus untuk arus mudik, karena biasa lonjakan signifikan penumpang terjadi pada arus balik. 

"Biasanya dari mulai H+2 setiap hari lonjakan penumpang sudah terjadi. Sedangkan untuk petugas kami pastikan sudah siap, karena mudik lebaran ini sudah menjadi hajatnya Perhubungan," tandas Cahyono.  ***