Bela Ustaz Khalid Basalamah, Gus Umar: Cobalah Tabayyun Jangan Ngamuk Terus, Paham!

Bela Ustaz Khalid Basalamah, Gus Umar: Cobalah Tabayyun Jangan Ngamuk Terus, Paham!

WJtoday, Jakarta - Tokoh NU, Umar Hasibuan (Gus Umar) kembali menggema membela Ustaz Khalid Basalamah yang diserang publik imbas ceramah lawasnya soal wayang.

Gus Umar mengingatkan kepada publik untuk menonton keseluruhan video Ustaz Khalid soal wayang dan jangan setengah-tengah saja.

Sebab, menurutnya, video yang ramai di media sosial itu hanya potongannya saja.

"Tentang statement ustad khalid basalamah tontonlah yang utuh. Jangan sepotong-potong lalu memaki bahkan ada kalimat seperti mengusir beliau dari Indonesia," tulis Gus Umar dari Twitter @UmarHasibuan71 yang dikutip pada Rabu(16/2/2022).

Kemudian, Gus Umar menyentil soal warga NU yang diduga juga menyudutkan Ustaz Khalid. Namun, ia tidak merincikan siapa yang ia maksudkan.

"Kalian warga NU yang hina beliau saya beritahu ya, Kakek Beliau KH Abdullah Basalamah adalah Ketua NU Sulsel. Cobalah tabayyun jangan ngamuk terus. Paham," paparnya.

Sebagaimana diketahui, Ustaz Khalid Basalamah menyampaikan klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas ceramahnya yang menjadi heboh di media sosial tentang wayang.

Khalid mengatakan video yang viral tersebut merupakan potongan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu jamaah beberapa tahun lalu di masjid Blok M, Jakarta.

Terkait pernyataan memusnahkan wayang, Khalid mengatakan, jika memang seorang dalang ingin bertaubat, maka sebaiknya dimusnahkan wayangnya. Itu dia sarankan kepada indvidu wayang yang ingin bertaubat, bukan untuk keseluruhan wayang.

"Saya katakan untuk dia secara individu musnahkan, sebatas itu. Saya sama sekali tidak berpikir atau pun punya niat untuk menghapuskan ini dari sejarah nenek moyang Indonesia atau misalnya menyuruh sueluruh dalang dalang bertobatlah kepada Allah atau misalnya semua wayang-wayang harus dimusnahkan," ujarnya.

Khalid menyampaikan setiap pernyataannya yang menyinggung orang lain, dia menyampaikan permintaan maaf.

"Saya pada kesempatan ini Khalid Basalamah mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak tidak terkecuali yang merasa terganggu atau tersinggung dengan jawaban kami tersebut," ujarnya.***