Idol K-pop Virtual MAVE: Tunjukan Kesuksesan AI di Industri Musik

Idol K-pop Virtual MAVE: Tunjukan Kesuksesan AI di Industri Musik
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Teknologi AI adalah akronim dari Artificial Intelligence. Saat ini banyak perusahaan dari berbagai bidang industri yang telah mengadaptasi teknologi AI, karena dapat memberikan berbagai manfaat mulai dari meningkatkan kepuasan pelanggan, hingga mengurangi resiko kegagalan suatu sistem. 

AI adalah kecerdasan buatan yang saat ini menarik banyak perhatian, karena kemampuannya dalam membantu proses kerja berbagai bidang industri. Teknologi AI dapat dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contoh teknologi AI diantaranya adalah asisten virtual Google seperti Siri dan Alexa.

Tren AI juga mulai merambah ke dunia musik K-pop. Tren yang menggabungkan artis K-pop dengan teknologi artificial intelligence (AI) atau manusia buatan kian populer belakangan ini. Setelah aespa, kini muncul girl grup k-pop virtual baru bernama MAVE:.

Girl group baru asal Korea Selatan, MAVE: baru-baru ini menjadi perbincangan di kalangan penggemar K-pop. MAVE: sendiri merupakan girl group AI yang baru debut pada 25 Januari 2023 di bawah agensi Metaverse Entertainment dengan lagu single bertajuk ‘Pandora’.

Grup musik perempuan virtual asal Korea Selatan, MAVE:, telah berhasil mencapai kesuksesan global setelah video musik pertamanya viral dan ditonton hampir 20 juta kali di YouTube dalam waktu kurang dari dua bulan.

MAVE: terdiri dari empat anggota, yaitu SIU, ZENA, TYRA, dan MARTY, yang tinggal di metaverse, di mana lagu, tarian, wawancara, dan bahkan gaya rambut mereka dibuat oleh desainer web dan kecerdasan buatan.

Grup ini menjadi bukti awal tentang bagaimana metaverse kemungkinan besar akan berkembang seiring bergabungnya industri hiburan dan teknologi Korea Selatan dalam teknologi yang baru ini. Hal ini juga merupakan dorongan serius oleh raksasa teknologi Kakao Corp untuk menjadi kekuatan dominan dalam hiburan. Selain mendukung MAVE:, Kakao meluncurkan tawaran tender senilai 1,25 triliun won (Rp14,7 triliun) minggu lalu untuk membeli pelopor K-pop Korea Selatan, SM Entertainment.

SM merupakan rumah bagi grup K-pop populer seperti Girls' Generation, H.O.T., EXO, Red Velvet, Super Junior, SHINee, NCT Dream, dan Aespa. Kakao menolak memberikan komentar tentang bagaimana mereka akan menyeimbangkan permintaan mengelola band sungguhan dan virtual.

Taruhan perusahaan pada metaverse melawan tren global. Perusahaan teknologi besar dari Meta Platforms Inc META.O hingga Tencent Holdings China sekarang mengurangi pengeluarannya di dunia virtual untuk menghadapi penurunan ekonomi.

Kakao sebelumnya mengatakan bahwa telah menginvestasikan 12 miliar won di Metaverse Entertainment, sebuah anak perusahaan yang dibentuknya dengan perusahaan game Netmarble Corp  untuk menciptakan MAVE:. Namun, perusahaan menolak untuk membuat perkiraan pendapatan dari usaha tersebut.

MAVE: adalah sebuah proyek yang "berkelanjutan" untuk mengeksplorasi peluang bisnis baru dan mencari cara untuk mengatasi tantangan teknologi,” kata Chu Ji-yeon, yang memimpin Metaverse Entertainment, seperti dikutip Reuters.

Sebuah grup idola virtual asal Korea Selatan yang disebut MAVE: telah memulai debutnya di tengah pandemi COVID-19 yang mendorong perusahaan-perusahaan K-pop untuk berpindah ke konten daring. Meskipun konsep ini tidak baru di Korea Selatan, MAVE: menarik perhatian karena penampilannya yang lebih alami berkat penggunaan kecerdasan buatan dan teknologi penangkapan gerak dan penggambaran 3D secara real-time.

Bicara Bahasa Indonesia

Anggota grup ini dapat berbicara dalam empat bahasa, yaitu Korea, Inggris, Prancis, dan Bahasa Indonesia, namun mereka harus mengandalkan skrip yang disiapkan oleh manusia. Suara anggota yang terdengar dalam single debut "Pandora" dan koreografi dalam video musik juga dibuat oleh manusia dan diproses menggunakan teknologi penangkapan gerak dan penggambaran 3D secara real-time.

Beberapa ahli mengatakan bahwa pandemi COVID-19 membantu pertumbuhan karakter virtual seperti MAVE:, karena banyak perusahaan K-pop beralih ke konten daring untuk memuaskan penggemar yang terkurung di rumah. Namun, masih ada pertanyaan apakah karakter virtual dapat menyamai interaksi antara band populer konvensional dengan para penggemarnya.

Meskipun begitu, para pencipta MAVE: dan para pejabat industri hiburan optimistis tentang potensinya. "Dengan begitu banyak komentar yang diterima dari seluruh dunia, saya menyadari bahwa penonton menginginkan sesuatu yang baru dan mereka cenderung terbuka," kata Roh Shi-yong, produser utama dari acara musik mingguan di stasiun TV lokal MBC yang menayangkan penampilan MAVE: dua kali.

"Era metaverse sedang datang," ujarnya.***