Pj Wali Kota Sebut Festival Kirab Budaya Janur sebagai Gambaran Kesukacitaan Masyarakat Banjar

Pj Wali Kota Sebut Festival Kirab Budaya Janur sebagai Gambaran Kesukacitaan Masyarakat Banjar
Lihat Foto

WJtoday, Banjar - Penjabat Wali Kota Ida Wahida Hidayati membuka Kegiatan Festival Kirab Budaya Janur (Helaran Seni) Tahun 2024, yang bertempat di ruas Jalan Letjen Suwarto, Kota Banjar, Sabtu (24/2).

Kemeriahan jelas terlihat dengan tingginya antusias warga yang memadati ruas jalan yang dilalui oleh peserta Festival Kirab Budaya Janur Tahun 2024. Festival Kirab Budaya Janur diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari perwakilan Desa/Kelurahan se-Kota Banjar, ditambah dengan penampilan dari Bank BJB Cabang Banjar sekaligus sebagai sponsor utama dalam kegiatan tersebut. 

Satu penampilan yang menjadi salah satu daya tarik Festival Kirab Budaya tahun ini adalah penampilan dari Marching Band Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang turut serta memeriahkan pagelaran Festival Kirab Budaya Janur Tahun 2024.

Setiap peserta perwakilan Desa/Kelurahan menampilkan seni tradisi serta produk unggulan  setiap daerah. Setelah melakukan perform di depan panggung utama, setiap Desa/Kelurahan juga menyerahkan produk unggulan mereka kepada Pj. Wali Kota Banjar.

Pj. Wali Kota menuturkan Festival Kirab Budaya Janur Tahun 2024 merupakan gambaran kesukacitaan masyarakat Kota Banjar dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Banjar yang ke-21. 

“Melalui ajang festival ini, diharapkan akan tumbuh dan berkembang aset-aset seni helaran di Kota Banjar yang akan diikutsertakan pada ajang festival helaran seni Tingkat Provinsi,” tutur Ida dalam keterangannya, dikutip Minggu (25/2/2024).

Lebih lanjut Ida berharap, kegiatan ini mempunyai dampak positif bagi para pelaku seni dalam mengembangkan daya kreativitas dan inovasi dengan modal dasar kearifan lokal masing-masing desa atau kelurahan. 

“Pergerakan budaya asing dewasa ini kian gencar dan marak melalui kemajuan teknologi, sehingga dikhawatirkan akan mengikis peradaban budaya lokal yang penuh dengan filosofi yang sangat luhur. Untuk itu, Festival Kirab Budaya Janur Ke-4 ini mengusung tema ‘Adiluhung Ajen Budaya Nanjung’,” pungkasnya.  ***