Sidang Tuntutan Kasus Meme Stupa Roy Suryo Ditunda hingga Kamis Lusa

Sidang Tuntutan Kasus Meme Stupa Roy Suryo Ditunda hingga Kamis Lusa

WJtoday, Jakarta - Persidangan kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden RI Joko Widodo dan menjerat Roy Suryo kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Selasa (13/12/2022), ditunda.

Pada Selasa sore, Majelis Hakim, tim kuasa hukum, dan seorang Jaksa Penuntut Umum sempat hadir di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Namun, karena suatu alasan, persidangan diputuskan untuk ditunda hingga Kamis (15/12/2022).

"Jaksa Penuntut Umum mengambil waktu penuh satu minggu, ya, setelah pemeriksaan terdakwa kemarin. Untuk itu sidang kami undur tanggal 15 pukul 1 siang. Sidang kami nyatakan selesai dan tuntas," kata Hakim Ketua Martin Ginting di persidangan.

Jika agenda pembacaan tuntutan sudah dilaksanakan pada Kamis mendatang, Martin menyebut, agenda berikutnya adalah pembelaan dan putusan.

"Kita komitmen bahwa satu minggu setelah tuntutan, baru pembelaan, baik pribadi maupun oleh kuasa hukum," kata Martin.

Sementara itu, Roy Suryo yang hadir secara daring pun terlihat tersenyum di layar kaca usai persidangan resmi ditutup.

Sedangkan tim kuasa hukum Roy Suryo juga terlihat banyak tersenyum usai penundaan pembacaan tuntutan itu.

Salah satu kuasa hukum Roy, Charles Siahaan menyayangkan penundaan itu.

"Yang kecewa mungkin bukan saya, terdakwa ya. Kalau kami tentu kurang mantap kalau boleh dibilang karena kami sesungguhnya sudah mantap untuk menanti-nanti, sejauh apa gerangan JPU akan menuntut usai pemeriksaan semua bukti-bukti berdasarkan fakta persidangan apakah tetap sesuai dakwaan atau tidak," ujar Charles usai persidangan, Selasa.***