Atalanta Juarai Liga Europa 2023/2024

WJtoday, Jakarta - Atalanta berhasil menjadi juara Liga Europa 2023/2024. Ini sekaligus menandakan trofi tersebut kembali ke Italia setelah 25 tahun lamanya.

Atalanta bertemu Bayer Leverkusen di laga final. La Dea menang 3-0 lewat hat-trick Ademola Lookman dalam duel di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Ini menjadi laga final pertama Atalanta di pentas Eropa. Tim asal Bergamo itu langsung mampu membawa trofi Liga Europa ke Italia setelah terakhir kali singgah pada 1999.

Sebelum Atalanta, Parma adalah tim asal Italia yang terakhir menjadi juara Liga Europa atau yang kala itu masih bernama UEFA Cup. Di musim 1998/1999, Parma juara usai mengalahkan Marseille.

"Ini adalah malam yang luar biasa, luar biasa. Kami menulis sejarah melawan tim yang kuat," kata Teun Koopmeiners kepada Sky Sport Italia.

"Bayer Leverkusen sangat kuat musim ini, tapi kami luar biasa dan sangat bahagia. Setelah peluit akhir dibunyikan, ada begitu banyak emosi," sambungnya.

Atalanta Kalahkan Bayer Leverkusen 3-0

Atalanta keluar sebagai juara Liga Europa 2023/2024. Ini setelah La Dea mengalahkan Bayer Leverkusen 3-0.

Pada pertandingan final di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB, Ademola Lookman jadi pahlawan kemenangan Atalanta lewat torehan hat-trick.

Dua gol dibuat Lookman di babak pertama pada menit ke-12 dan ke-26. Satu gol lagi dibuat Lookman pada menit ke-72 untuk memastikan Liga Europa pulang ke Bergamo.

Bagi Atalanta ini adalah gelar Eropa pertama dalam sejarah klub tersebut, sekaligus mengantarkan mereka lolos ke Liga Champions musim depan.

Sementara Leverkusen harus mengubur impiannya meraih treble winners dan mengakhiri musim tanpa terkalahkan. Leverkusen masih punya satu kompetisi untuk dimenangi yakni DFB Pokal akhir pekan ini menghadapi Kaiserslateurn di final.

Susunan pemain

Atalanta: Atalanta: Musso; Djimsiti, Hien, Kolasinac (Scalvini 46'); Zappacosta (Hateboer 84'), Ederson, Koopmeiners, Ruggeri; De Ketelaere (Pasalic 57'), Scamacca (Toure 84'), Lookman

Bayer Leverkusen: Kovar; Stanisic (Boniface 46'), Tah, Tapsoba; Frimpong (Tella 81'), Xhaka, Palacios (Andrich 68'), Hincapie; Wirtz (Schick 81'), Adli, Grimaldo