Tak Hanya Wanita Lajang, Peserta Miss Universe 2023 Boleh Sudah Menikah

Tak Hanya Wanita Lajang, Peserta Miss Universe 2023 Boleh Sudah Menikah
Mahkota Miss Universe.(twitter)

WJtoday, Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Miss Universe mengubah peraturan utamanya. Setelah selama ini dikenal dengan kompetisi kecantikan yang hanya mengizinkan wanita lajang yang belum menikah dan belum punya anak, Miss Universe berani membuat perubahan signifikan.

“Kami percaya bahwa seorang wanita harus punya andil dalam kehidupannya sendiri, dan keputusan pribadi bukan jadi penghalang kesuksesan mereka,” demikian dikatakan organisasi The National, dilansir dari The Daily Mail, Kamis (11/8/2022).

Peraturan yang akan mengubah sejarah ini mulai berlaku pada tahun 2023 pada pagelaran Miss Universe yang ke-72. Namun pertanyaan berikutnya adalah, apakah peraturan ini juga mengubah batasan usia peserta?

Seperti diketahui, sebelumnya Miss Universe memiliki peraturan hanya wanita usia 18-28 tahun dan belum menikah serta belum memiliki anak yang bisa berpartisipasi.

Meskipun mengubah status pernikahan dan anak, Miss Universe masih mempertahankan batas usia peserta.

Meski demikian, ini merupakan langkah yang berani dan membawa dampak positif bagi seluruh wanita di dunia.

Menurut Andrea Meza, Miss Universe 2020 dari Meksiko, perubahan ini adalah sesuatu yang positif demi memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh wanita.

“Saya senang ini terjadi, sekarang para wanita bisa mendongkrak karir mereka karena perubahan-perubahan ini,” pungkasnya.

Andrea mengatakan selama ini banyak wanita yang sebenarnya ingin berpartisipasi, tetapi terhalang karena sudah menikah muda. Dengan adanya perubahan ini, diharapkan pernikahan seorang wanita tidak mengubah cita-cita ataupun impiannya.***