203 Pasien Dilayani Pos Kesehatan Pemilu di Sumedang

203 Pasien Dilayani Pos Kesehatan Pemilu di Sumedang

WJtoday, Sumedang - Sebanyak 203 pasien berhasil dilayani pos kesehatan pemilu yang dibentuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang selama proses pencoblosan dan penghitungan suara Pemilu berlangsung di Sumedang.

Menurut sub koordinator pelayanan primer Dinkes Sumedang dr Rahmatullah Sidik, dari 203 pasien tersebut yang paling dominan adalah petugas KPPS. 

"Adapun rincian lengkapnya petugas KPPS ada 79 orang, pemilih 68 orang, linmas 11 orang, bawaslu 6 orang, PPS 6 orang, saksi 9 orang, petugas 21 orang dan PPK 3 orang," jelas Sidik dalam keterangannya, dikutip Minggu (18/2/2024).

Dijelaskan Sidik data 203 pasien ini didasarkan pada hasil rekap pos kesehatan pemilu Sumedang mulai 13 - 16 Februari 2024. Pos kesehatan Pemilu sudah dimulai H-1 atau pada tanggal 13 Februari, karena mulai tanggal itu petugas KPPS sudah mulai bekerja. 

"Pada tanggal 13 Februari ada 9 petugas KPPS yang mendapatkan pelayanan kesehatan," sebutnya.

Dari 203 pasien yang dilayani di pos kesehatan Pemilu ada 10 pasien yang harus dirawat inap yaitu 2 pasien di puskesmas Cibugel, 7 pasien puskesmas Jatigede dan 1 orang di puskesmas Wado. 

Secara umum pasien pasien yang mendapatkan pelayanan di pos kesehatan pemilu tidak mengkhawatirkan meskipun sampai ada yang dirawat.

Dan umumnya keluhan yang dirasakan pasien adalah hipertensi, nyeri lambung dan ISPA.  ***