Sarapan Sehat Untuk Anda yang Diet

Sarapan Sehat Untuk Anda yang Diet
Lihat Foto

Wjtoday, Bandung - Memiliki berat badan yang ideal adalah keinginan banyak orang. Untuk bisa mendapatkan tubuh ideal dan menurunkan berat badan, terkadang kita rela tidak makan, dan sering mengabaikan sarapan untuk bisa langsing.

Padahal sarapan merupakan bagian penting saat Anda ingin diet. Bahkan menurut  www.stylecraze.com, para pakar diet, ahli gizi dan dokter menyarankan bahwa Anda harus sarapan penuh dengan protein dan nutrisi lainnya untuk membantu melancarkan metabolisme dan membantu membakar kalori.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang baik dengan nutrisi lengkap justru membantu membakar kalori lebih banyak, membuat perut kenyang tahan lama dan memberikan jeda lama untuk waktu makan selanjutnya. Itulah mengapa sarapan yang tepat merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mengawali hari.

Namun seringkali orang bingung mau makan apa agar bisa memenuhi nutrisi dan tidak jatuh pada sarapan yang berlemak dan berkolesterol.

6 pilihan sarapan sehat untuk diet

Telur


Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein dianggap lebih ampuh mengundang rasa kenyang yang lebih berkualitas. Telur adalah salah satu sarapan pagi untuk diet yang kaya akan protein. Dalam satu telur berukuran besar saja sudah mengandung 6 gram protein.Dalam sebuah riset, partisipan yang sarapan dengan telur merasa kenyang lebih lama dan mengalami penurunan berat badan sebanyak dua kali lipat dibandingkan mereka yang makan roti.

Buah pisang


Pisang, sarapan pagi untuk diet yang menyehatkan

Pisang adalah buah yang kaya akan serat dan rendah kalori. Buah dengan kulit berwarna kuning ini cocok menjadi sarapan pagi untuk diet, apalagi buat Anda yang suka ngidam makanan manis di pagi hari.Jika mengonsumsinya di pagi hari, rasa lapar berlebihan dapat dicegah. Ditambah lagi, berbagai macam studi juga membuktikan, mengonsumsi lebih banyak serat dari buah-buahan seperti pisang dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Buah Kiwi


Buah kiwi tinggi vitamin C, vitamin K dan potasium, kiwi menawarkan profil nutrisi yang mengesankan. Kiwi juga merupakan sumber serat yang luar biasa – hanya satu cangkir (177 gram) menyediakan hingga 21% dari kebutuhan harian Anda.

Satu studi pada 83 wanita menunjukkan bahwa diet tinggi serat, dibatasi kalori efektif mengurangi nafsu makan dan keasyikan dengan makanan sambil juga menurunkan berat badan, lemak tubuh dan lingkar pinggang.

Terlebih lagi, kiwi mengandung jenis serat tertentu yang disebut pectin, yang terbukti meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Asiknya lagi, jika dikonsumsi secara rutin, buah yang rasanya manis asam ini juga bisa bertindak sebagai pencahar alami dengan merangsang pergerakan saluran pencernaan Anda untuk mendukung keteraturan dan membantu Anda menurunkan berat badan sementara air.

Jika ingin sarapan sereal, tak ada salahnya untuk menambahkan irisan buah kiwi membuat sarapan menjadi lebih nikmat

Oatmeal


Oatmeal atau haver adalah pilihan sarapan pagi untuk diet yang tak hanya lezat, tapi juga menyehatkan. Sebab, oatmeal tidak mengandung kalori yang tinggi, tetapi kaya akan serat dan protein sehingga rasa lapar pun dapat dicegah.

KOPI


Kopi mengandung kafein, yaitu senyawa yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh dan memacu proses pembakaran lemak.Dalam sebuah penelitian, delapan partisipan pria yang mengonsumsi kopi mengalami peningkatan metabolisme sebanyak 13 persen.Namun ingat, jangan hanya menyeruput kopi saja saat sarapan. Kombinasikan dengan sarapan pagi untuk diet lainnya, seperti buah kiwi atau oatmeal.

Teh hijau


Banyak studi yang sudah membuktikan kemampuan teh hijau dalam membakar lemak tubuh. Sebuah riset membuktikan, 23 partisipan yang mengonsumsi 3 kapsul ekstrak teh hijau dapat meningkatkan proses pembakaran lemak sebanyak 17 persen, hanya dalam waktu 30 menit sajaRiset lainnya membuktikan, 10 partisipan yang mengonsumsi ekstrak teh hijau mengalami peningkatan metabolisme dan pembakaran kalori.